SANDIAGA DORONG JALUR KERETA LAYANG SEGERA DIREALISASIKAN

Senin, 08 Januari 2018 16:25 WIB

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno mendorong agar rencana pembangunan jalur layang kereta segera direalisasikan. Mengingat di Ibukota banyak jalur sebidang, khususnya pada jalur lingkar kereta atau loopline.

" Selain tentang TOD, kami juga bicarakan mengenai yang krusial yaitu elevated loopline. Jadi kita ingin mempercepat proyek bersama dengan PT KAI. Karena berkasnya sudah diterbitkan"

Sandiaga mengatakan pihaknya telah menyampaikan hal ini kepada Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno. Diharapkan pada tahun ini rencana tersebut bisa dimulai untuk mengurangi kemacetan di Jakarta.

"Selain tentang TOD (Transit Oriented Development), kami juga bicarakan mengenai yang krusial yaitu elevated loopline. Jadi kita ingin mempercepat proyek bersama dengan PT KAI. Karena berkasnya sudah diterbitkan," ujarnya, Senin (8/1).

Menurut Sandiaga, pembangunan flyover dan underpass di setiap persimpangan dinilai kurang efektif jika dibandingkan dengan membuat jalur layang. Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) akan segera membuat Detail Engineering Design (DED) proyek ini.

"Flyover dan underpass, itu tidak menyelesaikan masalah. Jadi lebih baik angkat lintasan keretanya menjadi elevated. Sehingga itu juga akan timbulkan integrasi yang lebih baik," tandasnya.

Reporter : Erna Martiyanti
Sumber  : Beritajakarta.com