www.jakarta.go.id

Empat Perlintasan Sebidang di Jakarta akan Ditutup Mulai Mei 2017

Empat Perlintasan Sebidang di Jakarta akan Ditutup Mulai Mei 2017

berita1

Tahun ini, Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Polda Metro Jaya akan menutup 14 perlintasan sebidang di wilayah Jakarta. Penutupan tersebut dibagi menjadi 3 tahap. Tahap pertama akan dilakukan pada Mei 2017 dengan menutup empat perlintasan sebidang.

"Penutupan keempat perlintasan sebidang tersebut merupakan bagian dari 19 perlintasan sebidang yang diusulkan untuk ditutup oleh Kementerian Perhubungan kepada Pemprov DKI Jakarta," jelas Prasetyo dikutip dari wartakota.com.

Usulan tersebut disampaikan melalui Surat Menteri Perhubungan kepada Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor: KA.101/2/3 PHB 2015 tanggal 15 Desember 2015, tentang Penanganan Perlintasan Tidak Sebidang di wilayah Provinsi DKI Jakarta. Ke-19 perlintasan sebidang tersebut telah dilengkapi dengan flyover maupun underpass.

Berikut perlintasan sebidang yang akan ditutup dan jalur alternatifnya:

 

1. Penutupan perlintasan sebidang Jalan Pejompongan I (JPL No.42 di Km.10+374 lintas Tanah Abang-Serpong)

  berita2  

2. Penutupan perlintasan sebidang Jalan Pasar Minggu (JPL No.17 di Km.15+309 lintas Manggarai-Bogor)

  berita3  

3. Penutupan perlintasan sebidang di Jalan TB. Simatupang (JPL No.20c di Km.20+785 lintas Manggarai-Bogor)

 berita4 

4. Penutupan perlintasan sebidang Pondok Kopi/Penggilingan (JPL No.63 lintas Manggarai-Bekasi)

 berita6 

Sebelum dilaksanakan penutupan, pemerintah akan melakukan uji coba penutupan terlebih dahulu selama satu bulan mulai April 2017. Penutupan perlintasan sebidang ini bertujuan untuk meningkatkan keselamatan, ketertiban, dan kelancaran perjalanan kereta api dan masyarakat sebagai pengguna jalan. #jakartakini

Sumber : Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan RI