Aplikasi JAKI

Aplikasi JAKI

Jakarta Smart City
Kamis, 12 Agustus 2021, 06:43 WIB

JAKI adalah aplikasi pusat informasi dan layanan masyarakat resmi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari warga Jakarta. JAKI menyediakan fitur-fitur yang merefleksikan citizen-design services dengan memadukan fitur layanan yang dibuat oleh pemerintah maupun masyarakat, seperti perusahaan rintisan (start-up). Layanan digital dan informasi resmi dari Pemprov DKI Jakarta telah terintegrasi di JAKI, sehingga warga Jakarta cukup meng-install satu aplikasi. Inilah fitur-fitur utama JAKI:

Jakarta Tanggap Covid-19

Merupakan fitur utama pengendalian Covid-19 di aplikasi JAKI yang berisi berbagai data, informasi, dan fitur pendukung dalam menghadapi pandemi. Fitur Jakarta Tanggap Covid-19 di antaranya:

  • Vaksinasi Covid-19, merupakan fitur hasil kerja sama antara Jakarta Smart City, Dinas Kesehatan, dan PeduliLindungi dalam menyediakan akses mudah menuju program vaksinasi Covid-19 di Jakarta.

Cek Jadwal Vaksinasi 

Cek jadwal vaksinasi sesuai dengan kategori kelompok prioritas pada setiap tahapan vaksinasi.

Daftar Vaksinasi Covid-19 Mandiri

Warga dapat mendaftarkan diri dalam program vaksinasi Covid-19 yang diselenggarakan Pemprov DKI Jakarta.

  • Ketersediaan Tempat Tidur RS, pantau kapasitas dan ketersediaan tempat tidur di rumah sakit rujukan Covid-19.

  • Tes Mandiri Melalui JakCLM, periksa risiko mandiri Covid-19 kamu dengan CLM (Corona Likelihood Metric).

  • Contact Tracing, hasil kolaborasi dengan PeduliLindungi untuk melakukan pelacakan.

Data Pemantauan, fitur untuk monitoring data kasus Covid-19 di Jakarta dan nasional

Layanan Pemprov DKI Jakarta

Dalam kategori ini, kamu bisa mengakses berbagai layanan Pemprov DKI Jakarta, seperti pengurusan perizinan dengan JakEVO, urus dokumen kependudukan daring dengan Alpukat Betawi, melihat jadwal MRT dan Transjakarta, hingga membaca buku.

Kolaborasi Membangun Jakarta

Pintasan menuju start-up yang telah berkolaborasi dengan Jakarta. Tersedia pintasan dari perusahaan-perusahaan teknologi yang sudah menjalin kemitraan dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, seperti Nodeflux, Gojek, Tokopedia, Shopee, dan Sekolahmu, dan banyak lagi.

JakLapor

Kanal pengaduan resmi Pemprov DKI Jakarta berbasis geo-tagging. Untuk melaporkan pelanggaran, kamu bisa menggunakan fitur JakLapor. Setiap laporan akan dijamin kerahasiaannya dengan adanya fitur menyembunyikan laporan, sehingga tidak terlihat oleh pengguna JAKI lain. Nantinya, laporan yang sudah kamu buat akan diterima dan ditindaklanjuti oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, lalu masuk ke sistem Cepat Respon Masyarakat (CRM) untuk penanganan yang efektif serta cepat.

JakWarta

Pusat informasi resmi dan terkini dari Pemprov DKI Jakarta. Dapatkan berita resmi dan informasi terkini seputar Jakarta melalui fitur JakWarta. Misalnya, untuk kebutuhan informasi kasus Covid-19, JAKI bersama Dinas Kesehatan DKI Jakarta secara berkala merilis update ringkas perkembangan data kasus COVID-19 setiap hari. Mulai dari jumlah kumulatif kasus positif, dalam perawatan, isolasi mandiri, pasien dinyatakan sembuh, hingga pasien yang meninggal dunia. Kamu juga tak perlu merasa ketinggalan, karena kamu akan mendapatkan pemberitahuan melalui push notification.

JakPangan

Informasi harga pangan terkini di seluruh Pasar Jaya di Jakarta.

JakSurvei

Survei untuk menilai kinerja dan layanan yang diberikan oleh Pemprov DKI.

JakISPU

Ketahui informasi Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) di Jakarta.

JakPenda

Kalkulator Pajak Kendaraan Bermotor dan Pajak Bumi Bangunan.

JakRespons

Daftar permasalahan yang sedang ditangani oleh Pemprov DKI Jakarta.

JakWIFI

Temukan titik akses WIFI gratis dari Pemprov DKI Jakarta.

JakPantau

Ketahui lokasi titik banjir dan tinggi muka air di berbagai aliran sungai di Jakarta.

JakSiaga

Akses berbagai nomor penting dan darurat di Jakarta.

Lapor Video

Laporkan permasalahan melalui rekaman video.

Chatbot JAVA

JAKI memiliki chatbot atau sistem virtual pribadi bernama JAVA (Jakarta Virtual Assistant). JAVA siap membantu warga mencari informasi secara cepat, semudah mengirim pesan singkat di perangkat pintar. JAVA dapat menjawab pertanyaan seputar:

  • Dokumen kependudukan.

  • Informasi vaksinasi dan Covid-19.

  • Program prioritas dan unggulan Pemprov DKI Jakarta.

  • Informasi umum lain yang sering ditanyakan.

Artikel Terkait

Jakarta Smart City

Jakarta Smart City merupakan BLUD (Badan Layanan Umum Daerah) di bawah Dinas Kominfotik Provinsi DKI Jakarta yang bertugas dalam penerapan konsep Smart City di Jakarta.