RAWAMANGUN, GELANGGANG OLAHRAGA

Jumat, 01 September 2017 00:59 WIB
Gelanggang Olahraga Rawamangun
Alamat
Jalan Pemuda No. 6, Rawamangun, Jakarta Timur

 

Gelanggang Olahraga Rawamangun atau dikenal juga dengan nama Gelora Rawamangun, GOR Rawamangun, GOR Pemuda, GOR Balap Sepeda Rawamangun atau GOR Velodrome. Lokasinya berada tidak jauh dari Gelanggang Remaja Kecamatan Pulogadung (GOR Pulogadung), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Sekolah Labschool Rawamangun & Arion Mall Rawamangun. Gelora Rawamangun merupakan sebuah kompleks fasilitas olahraga di wilayah Jakarta Timur. Luas keseluruhan kompleks ini kurang lebih mencapai 65.000 m2. Kompleks fasilitas olahraga Gelora Rawamangun yang sangat luas ini terdiri dari Stadion Atletik, Gedung Bulutangkis,  Gedung Futsal, Gedung Squash, Kolam Renang, Velodrome, Lapangan Tenis Indoor, Lapangan Tenis Outdoor, Gedung KNPI, fasilitas olahraga outdoor serta fasilitas pendukung olahraga.

Stadion Atletik Gelora Rawamangun luasnya mencapai kurang lebih 10.000 m2. Stadion ini dibangun pada tahun 1977. Dahulunya bernama stadion sepak bola rawamangun kemudian menjadi stadion atletik dengan fokus olahraga atletik. Kegiatan olahraga Sepak Bola kemudian dialihkan ke Stadion Sepak Bola Pondok Bambu. Di dalam Stadion Atletik Gelora Rawamangun terdapat 8 jalur lintasan lari dengan lapisan karet tartan, lintasan lompat jauh, arena lompat tinggi, arena tolak peluru, arena lontar martil, arena lempar cakram, tribune penonton berkapasitas 1000 orang, toilet pria & wanita, kantin terletak di luar arena stadion, ruang pengelola serta terdapat kantor sekretariat PB PASI DKI Jakarta dan Sekretariat Olahraga Spesial Paralympic mental grahita (SOINA). Aktivitas stadion atletik banyak digunakan oleh atlit-atlit DKI Jakarta untuk latihan dari hari Senin s.d. Sabtu setiap pagi dan sore; Atlet NPC latihan setiap hari Selasa dan Jumat pukul 14.00-15.00 WIB dan Atlet SOINA latihan setiap hari Sabtu pukul 06.00-08.00 WIB. Atlet berprestasi yang berlatih di Gelora Rawamangun ini diantaranya seperti Emilia Nova (Peraih Medali Emas ASG, Peraih Medali Emas POM ASEAN, Peringkat IV Sea Games 2015) dan Nadia Anggraeni (Pemegang Rekor Lompat Tinggi Junior Putri, Peraih Medali Emas POM NAS 2015). Selain digunakan untuk latihan para atlet, stadion ini juga digunakan untuk aktivitas pendidikan dari sekolah di sekitar Gelora Rawamangun. Stadion Atletik Gelora Rawamangun ini juga menjadi tempat bagi beberapa event olahraga diantaranya Kejurnas PB PASI Remaja dan Pra Remaja April hingga September 2015 dan TAFISA ASEAN 2016.

Gedung Bulutangkis yang berada di dalam kompleks Gelora Rawamangun ini dibangun pada tahun 2010 dengan luas bangunannya mencapai kurang lebih 400 m2. Didalam gedung ini terdapat 1 buah lapangan bulutangkis, toilet pria&wanita, musholla, ruang pengelola, locker, lobby, serta tempat duduk di dalam lapangan. Gedung ini menjadi tempat bagi klub/Binaan Bulutangkis Provinsi DKI Jakarta SOINA yang berlatih setiap hari Sabtu Pukul 06.00-08.00 WIB.

Gedung Futsal dan Gedung Squash juga termasuk di dalam Gelora Rawamangun ini. Gedung Futsal dibangun pada tahun 2010 dengan bangunan seluas 2.000 m2terdiri dari 2 lapangan futsal, musholla, kantin, toilet pria & wanita, lobby dan ruang pengelola. Gedung Futsal ini menjadi tempat bagi murid-murid sekolah Futsal dari Klub TROPHIA yang berlatih setiap hari Jumar pukul 14.00 -16.00 WIB dan Sabtu pukul 10.00-12.00 WIB. Gedung Futsal ini pernah menjadi tempat untuk Pekan Olahraga (POR) KORPRI setiap tahunnya dan menjadi tempat berlatih dari BAKESBANGPOL setiap triwulannya. Sementara Gedung Squash Gelora Rawamangun dibangun pada tahun 2010 dengan bangunannya seluas 400 m2. Gedung Squash ini didalamnya terdapat 2 lapangan squash, toilet pria &wanita, musholla, kantin, ruang pengelola, locker dan ruang tunggu. Aktivitas olahraga di dalam Gedung Squash Gelora Rawamangun lebih banyak digunakan untuk pembinaan atlet dari pelatihan atlet daerah Pengurus Provinsi DKI Jakarta olahraga Squash. Atlet berprestasi yang juga berlatih di Gedung Squash ini diantaranya Nuryanto (Juara I PON di Jawa Timur tahun 2000, Juara I PON Palembang 2004, Juara III Sea Games Malaysia 2001), Ray Siva Aulia Dewi (Juara Dua Invitasi Squash Piala Gubernur Open II) dan Richo Akbar (Juara I Kelompok Umur 13 tahun Putra Kejuaraan Squash Antar Pelajar se DKI Jakarta dan Juara I Plate Kelompok Umur 13 tahun Putra Kejuaraan Gubernur DKI Jakarta ke VIII). Gedung Squash ini juga menjadi tempat untuk Invitasi Cabang Olahraga Squash  yang rutin dilakukan setiap tahun sekali.

Di dalam Gelora Rawamangun juga terdapat Kolam Renang Gelora Rawamangun. Kolam Renang ini dibangun pada tahun 1979 dengan bangunannya seluas 1.320 m2. Kolam Renang ini mempunyai fasilitas yang terdiri dari 1 kolam berukuran besar dan 1 kolam berukuran kecil, ruang ganti pria & wanita, toilet pria & wanita, tempat lifeguard, kantin, tempat penyewaan ban, musholla, dan ruang pengelola. Warga DKI Jakarta juga dapat berlatih renang di Kolam Renang Gelora Rawamangun ini pada Klub Renang Tirta Kencana 78  yang berlatih setiap Selasa, Kamis dan Sabtu pukul 16.00 - 18.00 WIB dan Klub Renang Putra Rama yang berlatih setiap Senin, Rabu, Jumat pukul 16.00 - 18.00 WIB, serta pada Sabtu& minggu pukul 06.30 - 07.30 WIB. Kolam Renang Gelora Rawamangun pernah menjadi tempat bagi event olahraga Pekan Paralimpiade Daerah (Peparda) DKI Jakarta yang dilaksanakan pada tahun 2015.

Velodrome Gelora Rawamangun atau biasa disebut juga dengan Arena Balap Sepeda Rawamangun merupakan salah satu arena balap sepeda yang telah ada di Jakarta sejak masa pemerintahan Gubernur Ali Sadikin. Velodrome Gelora Rawamangun ini dibangun sejak tahun 1973 dengan luas bangunan mencapai sekitar 300 m2. Velodrome ini didalamnya terdapat fasilitas yang terdiri dari plaza, pedock, taman, ruang ganti, toilet putra&putri, track (Time Trail Persuit), tribune Kapasitas 500 tempat duduk. Kebanyakan aktivitas di Velodrome ini digunakan untuk pembinaan atlet dari Pelatda dan Pelatnas olahraga Balap Sepeda seperti Santia Tri Kusuma (atlet berprestasi cabang balap sepeda peraih medali emas PON XV/2000 Jawa Timur, medali emas Kejurnas Yogyakarta 2001, medali emas 500m Sea Games Malaysia 2001, medali emas Asia Cycling Championship, medali emas Asia Cup Track Cycling, medali perak B World Championship, medali emas Elimination Asia Championship, medali perunggu Point Race Asian Games 2002 Busan, medali emas Criteriun Sea Games 2003 Vietnam, medali perunggu Point Race B World Championship, No.4 Point Race World Cup 2004 Australia, medali perunggu klasemen Umum Sprint  Tour d’Geen, medali emas Criteriun Open 2005 Belanda, medali perunggu Criteriun Open 2005 Belgium, medali emas Point Race Sea Games 2007 Thailand, medali perak Scratch Asia Championship 2008 Japan, medali emas Sprint Asia Cup 2009 Japan, medali emas Elimination Asia Championship 2009 Indonesia, dan medali perunggu Elimination Asia Cup 2010 Japan). Santia juga merupakan salah satu dari Pegawai Negeri Sipil di Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Pemprov DKI Jakarta. Velodrome ini juga pernah menjadi tempat untuk events Internasional seperti Sea Games 2011.

Gelora Rawamangun juga memiliki Lapangan Tenis Indoor dan Outdoor. Lapangan Tenis Indoor Gelora Rawamangun dibangun  pada tahun 1993 dan diresmikan pada tanggal 24 Agustus 1995 oleh Gubernur Sorjadi Sudirdja dengan luas bangunan mencapai kurang lebih 1.936 m2. Di lapangan tenis indoor ini terdapat fasilitas berupa: 2 lapangan tenis, scoreboard, tribune, toilet pria&wanita, musholla, kantin,balkon, lobby dan kantor sekretariat PELTI. Banyak warga yang menyewa lapangan untuk berlatih olahraga tenis. Lapangan Tenis Indoor Gelora Rawamangun juga menjadi tempat untuk beberapa kejuaraan atau kompetisi seperti Piala Gubernur DKI yang diadakan setiap tahun satu kali, Piala Thamrin setiap tahun satu kali, dan Piala Kopri DKI Jakarta setiap tahun satu kali. Sedangkan Lapangan Tenis Outdoor Gelora Rawamangun juga dibangun sejak tahun 1993 dengan luas bangunan mencapai 3.697m2. Lapangan tenis outdoor ini memiliki fasilitas terdiri dari: 5 Lapangan tenis, tribune penonton kapasitas 50 orang, toilet pria&wanita, ruang pengelola, scoreboard. Lapangan Tenis Outdoor Gelora Rawamangun menjadi tempat program Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi DKI Jakarta setiap tahun untuk Kejuaraan Antar Club, Tenis Tunadaksa, Gubernur CUP, Thamrin CUP, Remaja Tenis CUP, dan Porprov. Di lapangan tenis ini juga terdapat klub Tenis Bina Indonesia yang berlatih setiap Senin s.d. Sabtu pukul 09.00-13.00 WIB.

Di salah satu sudut Gelora Rawamangun, masih didalam area kompleks terdapat Gedung KNPI, gedung ini dibangun pada tahun 1993 dengan luas 1.425,45m2. Gedung KNPI banyak digunakan untuk kegiataan Organisasi Kepemudaan (OKP). Di dalam gedung ini terdapat sanggar tari Ekayana yang berlatih pada hari Selasa dan Jumat Pukul 16.00-18.00 WIB; sebuah  klinik medik Prima Star Medika KNPI & IDI praktek setiap hari Senin s.d. Sabtu pukul 08.00-16.00 WIB serta Taekwondo Inti Club yang berlatih setiap hari Senin pukul 18.00-21.00 WIB dan hari Rabu pukul 18.00-21.00 WIB. Selain bangunan fasilitas olahraga, Gelora juga memiliki fasilitas olahraga fitness luar ruang di 3 sudut kompleks (sepeda statis, pull up barr, stepper cardio, sit up dan banyak lagi alat yang dapat digunakan warga dengan gratis);1 lapangan volley; 1 lapangan baseball/softball, jogging track luar, jogging track dalam, taman dengan pepohonan yang rindang, tempat reflexiology kaki dan 2 Lapangan Basket Outdoor. Lapangan Basket Outdoor Gelora Rawamangun juga digunakan oleh klub Indonesia Muda yang berlatih setiap hari Kamis, Sabtu dan Minggu pukul 15.00-18.00 WIB dan klub basket lain seperti klub RICO & Klub Febrik. Lapangan basket outdoor ini juga digunakan oleh pihak warga, kalangan pendidikan, organisasi dan perusahaan seperti dari klub basket BPJS, SMUN 74 dan Gereja RM 17-19.

Gelora Rawamangun juga memiliki fasilitas pendukung olahraga seperti kantin & café yang nyaman, lahan parkir berkapasitas 101 mobil dan 210 motor (total 311 kendaraan), musholla ber-AC dan kantor pengelola Gelora Rawamangun. Gelora Rawamangun juga menjadi tempat latihan club jantung sehat Dr. Sadoso yang pada hari tertentu juga diadakan Senam Jantung. Senam pagi Klub Jantung Koroner (KJK) diadakan di depan Velodrome Gelora Rawamangun setiap hari Selasa, Kamis, dan Sabtu pukul 06.00 s.d. 08.00 WIB. Berada di depan Kolam Renang juga terdapat area fitness indoor, One Gym Fitness Center. Gelora Rawamangun juga menjadi tempat bagi mahasiswa UNJ jurusan olahraga untuk belajar beberapa mata kuliah yang berkaitan dengan olahraga, termasuk diantaranya digunakan untuk Kejuaraan Rugby antar Mahasiswa 2015 yang diselenggarakan oleh UNJ serta menjadi tempat untuk mahasiswa berdiskusi, bersantai dan melepas lelah disela-sela kegiatan perkuliahan yang padat.

Pengunjung Gelora Rawamangun dapat mengunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum untuk mencapai lokasi Gelora Rawamangun ini. Mereka yang mengunakan kendaraan umum dapat mengunakan kendaraan umum seperti Mikrolet 02 jurusan Pulogadung-Kampung Melayu, KWK 04 jurusan Rawamangun – Kelapa Gading, Mayasari Bakti 57 jurusan Blok M- Pulogadung, Mayasari bakti 117 jurusan Pulogadung-Poris, Mayasari bakti 84 jurusan Pulogadung-Depok, Mayasari bakti 98 jurusan  Pulogadung – Kampung Rambutan, Metromini 47 jurusan Senen-Pondok Kopi,  Metromini 03 jurusan  Senen- Rawamangun kemudian turun di depan Kompleks Gelora Rawamangun. Penguna jasa transportasi bus Transjakarta  dapat mengunakan bus transjakarta Pulogadung-Dukuhatas kemudian turun di shelter busway Velodrome dan berjalan kaki sekitar 20 meter dari shelter tersebut menuju Kompleks Gelora Rawamangun.