BULAN INI DISPUSIP USUNG TEMA FESTIVAL ANAK

Kamis, 11 Juli 2019 08:45 WIB

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) DKI Jakarta mengusung tema Festival Anak untuk kegiatan yang dilaksanakan Juli ini. Pemilihan tema ini bertepatan dengan Hari Anak Nasional yang diperingati setiap 23 Juli.

"Kualitas sumber daya manusia kita bisa meningkat kalau mereka rajin membaca, "

Kepala Bidang Deposit, Pengembangan Koleksi, Layanan dan Pelestarian Dispusip DKI Jakarta, Bambang Chaidir mengatakan, sejumlah kegiatan bulan ini dioptimalkan untuk pembudayaan kegemaran membaca bagi anak-anak seperti melalui Baca Jakarta dan puncaknya adalah gerakan Hari Anak Jakarta Membaca (Hanjaba).

"Melalui gerakan ini diharapkan kebiasaan dan kegemaran membaca dapat tumbuh sejak dini," ujarnya, Kamis (11/7).

Bambang menjelaskan, peran orang tua dan lingkungan sangat penting dalam membentuk iklim membaca. Untuk itu, Dispusip DKI terus mendorong tumbuhnya taman bacaan yang ada di tengah masyarakat.

"Taman bacaan itu dapat dimanfaatkan para orang tua dan relawan untuk membantu anak-anak agar lebih mengenal bahan bacaan," terangnya.

Bambang berharap, dari kebiasaan dan kegemaran membaca, anak-anak Jakarta akan menjadi pemeran utama di kota ini, bahkan di Indonesia pada masa yang akan datang.

"Buku menjadi salah satu sumber pengetahuan dan wawasan. Kualitas sumber daya manusia kita bisa meningkat kalau mereka rajin membaca," tandasnya.



Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Toni Riyanto | beritajakarta.id