INI BERBAGAI ACARA DISPARBUD MERIAHKAN HUT KE-74 RI

Senin, 12 Agustus 2019 08:53 WIB

Menyambut Hari Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta menyiapkan berbagai acara di destinasi wisata unggulan dan museum.

" Bertema perjuangan dan kemerdekaan"

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Edy Junaedi mengatakan, acara ini sengaja digelar untuk menarik minat masyarakat berkunjung ke destinasi wisata dan museum di Jakarta, serta memberikan alternatif hiburan.

"Beberapa acara di museum juga bertema perjuangan dan kemerdekaan, karena salah satu fungsi museum adalah sebagai media edukasi," ujarnya, Sabtu (10/8).

Edy menjelaskan, pada 15 Agustus 2019 rombongan napak tilas proklamasi akan mengunjungi Museum Pengasingan Soekarno dan Hatta di Rengasdengklok. Kemudian, keesokan harinya, 16 Agustus 2019 dilakukan long march dengan rute dari Museum Joang 45–Museum Perumusan Proklamasi–Tugu Proklamasi.

"Acara itu akan diikuti oleh guru-guru mata pelajaran sejarah dan komunitas," terangnya.


Menurutnya, untuk Museum Wayang dan Museum Seni Rupa dan Keramik juga akan mengadakan kegaiatan khusus untuk memperingati Hari Kemerdekaan RI.

Museum Wayang menyuguhkan pagelaran wayang kulit di ruang publik dengan dalang Ki Pandu Gandang S yang akan membawakan lakon "Kresno Sayemboro" bertempat di  Lapangan Romsol Wijaya Kusuma, Koramil 03/GP, Jakarta Barat.

"Pertunjukkan wayang itu akan diselenggarakan pada 17 Agustus 2019," ucapnya.

Ia menambahkan, untuk di Museum Seni Rupa dan Keramik diselenggarakan pameran unggulan dengan tema "Revolusi Fisik Diplomatik Estetik" mulai 8-31 Agustus 2019.

"Pameran juga diisi dengan talkshow, workshop dan gelar kreativitas seni untuk pelajar," tuturnya.


Selain itu, sambungnya, Anjungan Provinsi DKI Jakarta dan Graha Wisata di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) akan mengadakan Festival Bazar kuliner ibu-ibu PKK.

"Kegiatan itu akan diadakan pada 18 Agustus 2018 bertempat di Anjungan Provinsi DKI Jakarta," jelasnya.

Ia menuturkan, untuk destinasi wisata Monas akan diselenggarakan Festival of Light mulai 15-25 Agustus 2019, mengulang sukses video maping Monas pada saat Asian Games 2018.

"Kali ini warga Jakarta akan kembali disuguhkan keindahan Monas pada saat malam hari. Selain video mapping, Monas juga akan dipercantik dengan lampion warna-warni dan pertujukan laser di air mancur," kata Edy.

Dikatakan Edy, para Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Sudin Parbud) juga turut meramaikan dengan menggelar pentas musik.

Sudin Parbud Kabupaten Kepulauan Seribu mengadakan pertunjukan musik bertajuk "Konser Merah Putih" di Pulau Pramuka pada 17 Agustus 2019 dengan bintang tamu utama Wali Band.

Sementara, Sudin Parbud Jakarta Timur menggelar BKT Festival tanggal 18 Agustus 2019 di Banjir Kanal Timur, Rawadas, Pondok Kopi.

"BKT Festival akan menghadirkan bintang tamu seperti band The Fly, Coboy, Caffeine dan Junior Reborn," tandasnya,




Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Toni Riyanto | beritajakarta,id