VIJ, STADION SEPAK BOLA

Senin, 12 Agustus 2019 00:00 WIB


Stadion Sepak Bola VIJ

Alamat
Jalan Biak No. 7 Kelurahan Cideng, Kecamatan Gambir Jakarta Pusat
Luas Tanah
13.650 m2
Luas Bangunan

Lebar 70 m2

Panjang 115 m2

Data per tahun 2015

Stadion Sepak Bola VIJ, berada di kawasan kotamadya Jakarta Pusat. Lokasi Stadion Sepak Bola VIJ ini tidak jauh dari RS Tarakan di Jakarta Pusat. Stadion ini adalah salah satu stadion yang bersejarah bagi olahraga Sepak Bola di DKI Jakarta.

Stadion sepak bola ini telah hadir di DKI Jakarta sejak tahun 1928. Menurut sejarah, kehadiran stadion sepak bola ini menjadi sarana berlatih bagi persatuan sepakbola di Jakarta yang baru terbentuk saat itu, yaitu Voetbalbond Indonesische Jacatra (VIJ).

Ada data yang menyebutkan bahwa, stadion ini merupakan cikal bakal dari lahirnya Persatuan Sepak Bola Djakarta (Persija), namun ada pula yang mengatakan bahwa stadion ini hanya sebagai tempat berlatih tim Persija sebelum Stadion Persija Menteng dibuat; ada yang menyebut stadion ini awalnya sebagai tempat pertandingan sepak bola guna mencari amal bagi korban kebakaran di gang bunder dan ada juga yang mengatakan bahwa stadion ini sebelumnya merupakan tanah milik MH. Thamrin, pahlawan asal Jakarta yang kemudian disumbangkan untuk aktivitas pemuda pribumi Indonesia sebagai sarana aktivitas olahraga. Stadion ini juga pernah menjadi salah satu setting dari film ‘Garuda di Dadaku 2’ yang ditulis oleh Salman Aristo, penulis skenario dari Indonesia.

Stadion ini telah mengalami beberapa kali renovasi. Pada tahun 1985 stadion ini mempunyai tribun untuk penonton, 1996 dilakukan peninggian lahan 60 cm guna menanggulangi air yang sering menggenang ketika banjir tiba dan di tahun 2013 terjadi perubahan besar di stadion ini. Dimana fasilitas di lapangan diperbaiki, misalnya dengan aplikasi granit di tribun penonton yang dapat menampung 500 orang penonton, pengadaan genset, penggunaan resapan air, ruang ganti, gudang, musholla, toilet, lahan parkir, papan skoring dan penggunaan rumput baru jenis Zoysia Matrella (Linn) Merr yang menjadi standard rumput FIFA, organisasi sepakbola dunia. 

Stadion VIJ saat ini kerap digunakan untuk berlatih sepakbola Sekolah Sepak Bola (SSB) Artamora yang berlatih setiap hari Sabtu pukul 15.00 - 16.30 WIB. Selain itu, dapat digunakan bagi mereka yang ingin berlatih dan menjadi member di stadion VIJ dengan biaya sewa lapangan Rp 150.000/periode 1,5 jam (data per tahun 2015). Lapangan biasanya digunakan dari mulai pukul 16.30 – 18.00 WIB dari hari Senin hingga Minggu.

Untuk mencapai stadion ini pengunjung dapat menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi. Bila menggunakan kendaraan umum pengunjung dapat mencapai stadion ini dengan menggunakan bus Transjakarta lalu turun di shelter RS Tarakan dan berjalan kaki ke lokasi stadion atau menggunakan Kopaja 093 Tanah Abang - Kalideres atau Kopaja 094 Tanah Abang - Joglo.