TANAMAN PENYERAP POLUTAN DITANAM DI SD NEGERI MENTENG ATAS 01

Rabu, 21 Agustus 2019 10:00 WIB

Menindaklanjuti arahan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, SD Negeri Menteng Atas 01, Setiabudi, Jakarta Selatan, semakin menggiatkan penanaman tanaman penyerap polutan untuk meningkatkan kualitas udara di Jakarta.

"sebelumnya sekolah kami sudah aktif membuat penghijauan di sekolah dengan cara swadaya, "

Kepala Sekolah SD Negeri Menteng Atas 01, Dewi Sartika mengatakan, penanaman dilakukan di halaman depan dan belakang sekolah serta memperbanyak pot bunga gantung di gedung sekolah. Kegiatan ini juga untuk menyukseskan gerakan #200taman2jutatanaman yang digagas Pemprov DKI Jakarta.

"Untuk halaman depan dan belakang kami tanami pohon sansevieria atau lidah mertua, dan sirih kuning untuk pot gantung," ujarnya, Selasa (20/8).

Dewi menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan implementasi dari Ingub Nomor 66 Tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara dimana sekolahnya ditunjuk langsung oleh Suku Dinas Kehutanan Kota Jakarta Selatan untuk melakukan penanaman pohon anti polutan.

"Sejumlah tanaman seperti lidah mertua dan sirih kuning kami dapatkan dari Sudin Kehutanan Jakarta Selatan. Tanaman-tanaman ini menambah penghijauan di lingkungan sekolah kami," terangnya.

Ia menambahkan, selain menjaga kualitas udara, menanam pohon sangat bermanfaat dalam menciptakan suasana yang nyaman untuk mendukung kegiatan belajar mengajar (KBM).

"Selain di sekolah, kami juga mengajak para peserta didik untuk menaman pohon di rumah masing-masing," tandasnya.



Reporter : Maulana Khamal Macharani | Editor : Toni Riyanto | beritajakarta.id