WADUK RIA RIO, TAMAN

Selasa, 08 Oktober 2019 00:00 WIB

Taman Waduk Ria Rio

Alamat

Pulo Gadung, Jakarta Timur

Luas

± 51.000 m2

Fasilitas

Amphiteatre, Sitting area, Jogging track dan Pohon peneduh

Tahun Diresmikan

September 2013

Jenis Vegetasi

Baobab (Adansonia digitata), pule (Alstonia scholaris), Flamboyan (Delonix regea), Yangliu ( alix babylonica)

Latitude Longitude

-6.169432456501748, 106.88068628311157

 

Taman Waduk Ria Rio yang letaknya disebelah selatan Waduk Ria Rio memiliki luas sekitar 51.000 m2. Diresmikan pada bulan September 2013, taman ini menjadi taman kota yang memiliki pemandangan Waduk Ria Rio.

Dibangun oleh PT. Jakarta Propetindo yang memiliki konsep awal adalah Art Urban Ecology dan diwujudkan dalam 3 aspek yang strategis yaitu cultural / social experience, natural experience, and sustainability / integration.

Waduk Ria Rio dalam pengembangannya memiliki dua karakter zonasi, yaitu wetland park dan cultural centreWetland park merupakan inovasi dalam memanfaatkan urban hydrology (Storm Water Management). Pengembangan Waduk Ria Rio akan terus berlanjut, sehingga dapat menjadi sebuah taman yang dapat dibanggakan oleh warga Jakarta.

Fasilitas yang sudah tersedia adalah jogging track dan amphiteater untuk area berkumpul. Bangku-bangku taman berjejer disediakan untuk pengunjung yang ingin duduk santai menikmati suasana Waduk Ria Rio.

Untuk menambah keindahan taman, ditanamlah pohon peneduh seperti pule (Alstonia scholaris), Flamboyan (Delonix regea), Yangliu (Salix babylonica). Diantara pohon peneduh tersebut terdapat tanaman eksotis dan langka, yaitu Baobab (Adansonia digitata). Pohon ini dapat mencapai tinggi antara 5–25 m dan menyimpan air di dalam batang mereka, dengan kapasitas di atas 120.000 liter. Dalam upaya menjaga kebersihan taman, telah tersedia tempat sampah yang telah dibedakan jenis sampahnya organik dan anorganik.

Suasana waduk yang kini dilengkapi taman dapat dijadikan salah satu pilihan rekreasi gratis di Ibukota. Salah satunya Taman Waduk Ria Rio yang dapat dijadikan pilihan sebagai sarana rekreasi dan interaksi dengan masyarakat lainnya.