SYLVIANA MURNI DIPERCAYA MENJADI KETUA BADAN AKUNTABILITAS PUBLIK DPD RI

Rabu, 09 Oktober 2019 08:35 WIB

Senator Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dari DKI Jakarta, Sylviana Murni terpilih menjadi Ketua Badan Akuntabilitas Publik sebagai salah satu Alat Kelengkapan Dewan DPD RI Tahun Sidang 2019-2020.

" Memastikan good government and clean governance"

Jabatan tersebut menjadi torehan keberhasilan Sylviana Murni yang juga mampu mengharumkan Jakarta dalam kancah perpolitikan di tingkat nasional.

Kepada beritajakarta.id, Sylviana Murni mengatakan, salah satu fokus kerja Badan Akuntabilitas Publik DPD RI ke depan adalah

mendorong setiap pemerintah daerah dan pemerintah kota/kabupaten untuk melaksanakan akuntabilitas publik sebagai bentuk pertanggung jawaban dan pelaksanaan transparansi.

"Transparansi akuntabilitas publik penting agar kita bisa memastikan good government and clean governance," ujarnya, Selasa (8/10) malam.

Menurutnya, dalam mendukung suksesnya akuntabilitas publik juga diperlukan upaya agar Undang Undang 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dapat diimplementasikan oleh seluruh pemerintah daerah dan pemerintah kota/kabupaten.

"Amanat Undang Undang itu harus bisa dilaksanakan dengan baik. Sehingga, semua bisa ikut memantau jalannya pemerintahan dan mengingatkan kalau ada yang tidak sesuai," terangnya.

Ia menambahkan, pihaknya akan mengundang Ombudsman, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI untuk memberikan bimbingan teknis berkaitan dengan akuntabilitas publik.

"Kami ingin ada sinergisitas dan keselarasan  untuk menjamin akuntabilitas publik," tandasnya.

Untuk diketahui, Sylviana Murni pernah menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan menduduki sejumlah jabatan penting.

Sebagai ASN Pemprov DKI, Sylviana pernah menjadi Kepala Biro Bina Sosial DKI, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Kepala Dinas Pendidikan Dasar, Wali Kota Jakarta Pusat, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Satpol PP, hingga mengakhiri pengabdiannya  di Pemprov DKI sebagai Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Kebudayaan dan Pariwisata

Adapun susunan pengurus Badan Akuntabilitas Publik DPD RI yakni, Ketua dijabat Sylviana Murni; Wakil Ketua I, Zainal Arifin; Wakil Ketua II, Zuhri M Syazali; dan Wakil Ketua III, Angelus Wake Kako.

Rencananya, susunan AKD DPD RI periode 2019-2020 ini akan disahkan dalam sidang paripurna ke-5, Rabu (9/10) pukul 09.00 WIB.



Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Toni Riyanto | beritajakarta.id