ANTISIPASI GENANGAN DAN BANJIR PERLU DINTENSIFKAN

Rabu, 09 Oktober 2019 12:40 WIB

Setelah hujan mengguyur sejumlah wilayah di Ibukota dan kawasan hulu, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta terpilih dari Fraksi Demokrat, Misan Samsuri meminta agar Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Unit Perangkat Kerja Daerah (UKPD) terkait bisa mengintensifkan upaya-upaya mencegah terjadinya genangan maupun banjir.

"Peralatan dan personel harus betul-betul siap"

Misan mengatakan, pemetaan daerah rawan genangan atau banjir harus sudah dilakukan. Sehingga, bisa disiapkan perangkat-perangkat pendukung seperti, pompa mobile di lokasi.

"Begitu terjadi potensi genangan bisa langsung cepat ditangani. Jadi, peralatan dan personel harus betul-betul siap," ujarnya, Rabu (9/10).

Ia menambahkan, early warning system juga harus diimplementasikan dengan baik. Tujuannya, agar warga juga bisa mengantisipasi kalau ada potensi genangan dan banjir.

"Kalau diperlukan evakuasi juga harus dilakukan dengan cepat, terutama bagi lansia dan anak-anak," ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta terpilih dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera, Abdurahman Suhaimi menambahkan, selain perlu kesigapan aparatur terkait, masyarakat juga bisa berkontribusi mencegah terjadinya genangan dan banjir. Salah satunya, dengan tidak membuang sampah sembarang, terutama pada badan-badan air.

"Saya minta warga juga rajin kerja bakti, gotong royong membersihkan sampah, terutama di saluran dengan rumah tinggalnya. Mari sama-sama kita jaga kebersihan," tandasnya.



Reporter : Maulana Khamal Macharani | Editor : Toni Riyanto | beritajakarta.id