PD PAL JAYA KIRIM 100 UNIT BAHAN BAKU BIOPAL KE SAMARINDA

Rabu, 06 November 2019 12:40 WIB

PD PAL Jaya mengirim 100 unit bahan baku pembuatan Biopal ke Samarinda, Kalimantan Timur. Pengiriman dilakukan untuk memenuhi permintaan kelompok swadaya masyarakat di sana.  

" Bahan baku tersebut dibuat di pabrik produksi kami di Duri Kosambi"

Direktur Utama PD PAL Jaya Subekti mengatakan, bahan baku tersebut nantinya digunakan untuk memproduksi Biopal tipe 3 dengan kapasitas 1.125 meter kubik. Satu unitnya biopal tersebut dihargai Rp 3 juta.

"Ini merupakan pesanan kedua. Tahun lalu, kami kirim 182 unit, sekarang 100 unit. Bahan baku tersebut dibuat di pabrik produksi kami di Duri Kosambi," tuturnya, Rabu (6/11).

Bekti menambahkan, selain bahan baku pihaknya juga mengirim tenaga teknisi untuk merakit biopal di sana.

"Kelebihan biopal kami adalah ada pengolahan black water dan grey water-nya, sedangkan biopal umum hanya dapat mengolah black water," jelasnya.

Ia memaparkan, bahan baku Biopal yang di produksi menggunakan Fiber, sehingga air limbah tidak akan merembes ke dalam tanah. Di dalam fiber terdapat konsep desain seperti hitungan median, kompartemen dan lain sebagainya.

"Bahan ini sangat cocok dengan kontur tanah di Kaltim yang didominasi rawa-rawa sehingga tidak akan merembes ke dalam tanah. Harapan kami produk kami akan semakin dikenal oleh masyarakat, sehingga tidak hanya warga Jakarta saja melainkan sampai di luar Jakarta," tutupnya.



Reporter : Wuri Setyaningsih | Editor : Budhy Tristanto | beritajakarta.id