PORTAL DATA DINAS SDA JAWAB KEBUTUHAN INFORMASI KETATAAIRAN DI JAKARTA

Rabu, 29 Juli 2020 09:00 WIB

Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta memiliki sebuah platform media informasi pengelolaan data melalui portaldatadsda.jakarta.go.id. Portal data Dinas SDA ini berisi data dan informasi seputar infrastruktur ketataairan yang ada di wilayah Provinsi DKI Jakarta.         

"Menjawab isu seputar data "                

Kasubbag TU Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Dinas SDA DKI Jakarta, Gde Made Panji mengatakan, beberapa informasi lain yang dapat diperoleh di portal data tersebut seperti, informasi Instalasi Pengolahan Air (IPA), Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), waduk, sungai, alat berat, data lokasi genangan mulai tahun 2016, pompa stasioner, pintu air, saluran PHB, serta informasi lainnya

"Selain informasi infrastruktur ketataairan, portal data ini juga menyajikan informasi yang dibutuhkan jajaran Dinas SDA dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya seperti, informasi lokasi genangan, informasi produk hukum yang terkait dengan Dinas SDA," ujarnya, Selasa (28/7). 

Panji menjelaskan, portal data Dinas SDA dibuat dan dikelola oleh Pusdatin Dinas Sumber Daya Air. Adapun pengguna portal data adalah jajaran internal dan eksternal Dinas SDA DKI Jakarta. Pengembangan portal data Dinas SDA ini sudah dimulai pada tahun 2016, dan mengalami pengembangan setiap tahunnya sesuai kebutuhan.  

"Pengembangannya meliputi penambahan jumlah data yang dikelola serta peningkatan fitur-fitur yang ada di dalamnya," terangnya.

Ia menambahkan, perancangan dan pengembangan portal data mulai dari sisi database maupun user interface dilakukan secara swakelola oleh Pusdatin Dinas SDA. Prosesnya sendiri dilakukan dengan melalui beberapa tahapanseperti, identifikasi kebutuhan pengguna, perancangan database, perancangan user interface, programming, uji coba, dan implementasi.

"Portal data ini juga dibuat untuk menjawab isu seputar data yaitu, data tidak tersedia, data tidak akurat, data tidak konsisten, akses terhadap data sulit, data tidak terstruktur dengan baik, dan sebagainya," tandasnya.




Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Toni Riyanto