DISHUB DKI SIAP UJI COBA APLIKASI JAKETBUS DI TERMINAL PULO GEBANG

Senin, 12 Oktober 2020 09:55 WIB

Dinas Perhubungan DKI Jakarta melakukan uji coba aplikasi Jakarta Electronic Tikecting System Bus (Jaketbus) yang rencananya diterapkan di Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta Timur.        

"Dengan aplikasi ini warga dimudahkan untuk mendapatkan tiket, dan juga mengetahui informasi jadwal keberangkatan bus"                       

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan, Jaketbus merupakan aplikasi pesan tiket bus AKAP secara online di Terminal Terpadu Pulo Gebang. Aplikasi Jaketbus bertujuan untuk mempermudah pelaku perjalanan dalam memperoleh informasi harga tiket dan jadwal bus secara aktual dan transparan.

"Dengan aplikasi ini warga dimudahkan untuk mendapatkan tiket, dan juga mengetahui informasi jadwal keberangkatan bus yang menjadi moda utama pergerakan mereka," ungkap Syafrin, Senin (12/10).

Syafrin menjelaskan, aplikasi ini nantinya menggunakan sistem cashless, artinya semua pembayaran menggunakan uang elektronik.

Apabila sudah dapat diakses untuk umum masyarakat dapat mengisi e-wallet yang tersedia dalam fitur Jaketbus dengan melakukan pembayaran transfer bank atau merchant lainnya.

"Siapapun yang mengakses aplikasi ini otomatis akan teregistrasi. Untuk pembayarannya masyarakat juga bisa ke Indomaret dan Alfamart," ucap Syafrin.

Syafrin menuturkan, salah satu faktor yang menyebabkan turunnya pangsa pasar angkutan AKAP yakni tidak adanya transparansi dalam pembelian dan penjualan tiket. Rencananya aplikasi ini bisa diakses secara luas mulai 10 Desember 2020.

"Pada tanggal 28 Oktober 2020 akan dilakukan acara soft launching aplikasi Jaketbus, semua penjualan tiket di Terminal Terpadu Pulo Gebang tidak akan dilakukan secara manual ke depannya," tandas Syafrin.




Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Rio Sandiputra