PELAKU JASA TRANSPORTASI DARING DI JAKARTA MULAI DIVAKSIN COVID-19

Jumat, 30 April 2021 12:40 WIB

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berkolaborasi dengan salah satu perusahaan teknologi bidang jasa transportasi dan angkutan daring memulai pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi mitra pengemudi.

"Mempercepat tercapainya herd community"

Targetnya, 39.379 pelaku jasa transportasi dan angkutan daring ber-KTP DKI Jakarta akan divaksin dalam rentang waktu 29 April hingga 7 Juli 2021. Rinciannya, vaksinasi dosis pertama dilaksanakan pada 29 April sampai 10 Mei 2021 dan 20 Mei sampai 11 Juni 2021. Sedangkan, untuk vaksinasi dosis kedua mulai 27 Mei sampai 7 Juni 2021 dan 17 Juni sampai 7 Juli 2021.

Adapun, pelaksanaan vaksinasi diselenggarakan di JI Expo Kemayoran dan West One City, Cengkareng, Jakarta Barat, secara drive-thru.  

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti mengatakan, target 1.500 pengemudi online divaksin per harinya dengan rincian 1.000 orang di PRJ Kemayoran dan 500 orang per hari di West One City.

"Waktu vaksinasi akan berubah disesuaikan dengan logistik vaksin yang ada, bisa jadi lebih cepat. Bahkan, operator akan menyiapkan tambahan lokasi vaksinasi, rencananya di Kemang," ujarnya, Jumat (30/4).

Widyastuti mengapresiasi kolaborasi antara Pemprov DKI Jakarta, Gojek, Halodoc, PPK Kemayoran, dan Hermina dalam memberikan vaksinasi terhadap sekitar 39.379 mitra pengemudi online (Gojek). Pasalnya, pelaku jasa transportasi daring termasuk dalam sektor pelayan publik yang turut menopang transportasi terintegrasi DKI Jakarta.

"Sesuai target pemerintah untuk memberikan vaksinasi terhadap pelayan publik pada Tahap II ini maka Dinas Kesehatan DKI Jakarta senang dapat bekerjasama dengan Gojek yang dapat membantu memberikan vaksinasi terhadap 39.379 mitranya demi mempercepat tercapainya herd community," ungkapnya

Ia menambahkan, pandemi COVID-19 merupakan masa yang sulit bagi masyarakat Indonesia, khususnya DKI Jakarta. Sehingga dibutuhkan kolaborasi yang kuat antara pemerintah dengan seluruh lini masyarakat, termasuk dunia usaha untuk saling bahu membahu dalam membantu masyarakat keluar dari masa sulit ini.

"Melalui pelaksanaan vaksin massal ini dan tercapainya herd community tersebut. Kami berharap masa pandemi ini akan segera berakhir dan masyarakat DKI Jakarta kembali dapat menjalani aktivitas sehari-hari dengan sehat, aman dan nyaman," tandasnya.

Untuk diketahui, berikut alur pelaksanaan vaksinasi bagi para pengemudi online;

1. Mitra menerima notifikasi dan jadwal vaksinasi di aplikasi GoPartner

2. Mitra hadir ke lokasi vaksinasi dan menunjukkan nomor ID

3. Registrasi pada sistem P-Care oleh petugas lapangan

4. Pengecekan kondisi kesehatan

5. Mitra menerima vaksinasi


Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Toni Riyanto