PPDB ONLINE DIPERPANJANG HINGGA 11 JUNI 2021

Selasa, 08 Juni 2021 15:30 WIB

Dinas Pendidikan DKI Jakarta memperpanjang masa pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online hingga 11 Juni 2021. 


Ketua Pelaksana PPDB Online Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Slamet mengatakan, seluruh jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan PT Telkom mengerahkan seluruh kemampuannya untuk mengawal proses PPDB agar berlangsung tanpa ada kendala lagi.


"Secara sistem saat ini sudah normal, kita berharap tidak terjadi lagi hal-hal yang tidak diinginkan karena secara tim sudah kita bahas secara komprehensif," ujarnya, Selasa (8/6). Slamet menjelaskan, di awal pendaftaran PPDB secara online pada 7 Juni 2021 sistem tidak mati, tapi mengalami pelambatan yang signifikan atau mengaksesnya lama. Kemudian, dilakukan kebijakan setop sementara untuk dilakukan perbaikan secepat mungkin. 


"Pada pukul 18.00 kemarin kita aktifkan lagi namun ada kendala lagi. Alhamdulillah kita bikin estimasi yang kedua awalnya ditutup pukul 01.30 sampai 12.00 tapi ternyata pagi tadi sudah lancar jadi sudah kita buka kembali. Itu estimasi saja," terangnya. Ia menambahkan, PPDB di DKI Jakarta untuk tahun ajaran 2021/2022 sekitar 300 ribu pendaftar. Tercatat, sudah 200 ribu lebih akun yang terdaftar hingga hari ini pukul 12.30 WIB. Artinya, ada lebih dari separuh potensi pendaftar sudah mendapatkan akun untuk pendaftaran.


"Peserta didik beserta orang tua agar tetap tenang karena waktu pendaftaran akan diperpanjang sampai 11 Juni 2021 mendatang," ungkapnya. Ia menambahkan, Pemprov DKI Jakarta melakukan penyesuaian dan mengedepankan unsur keadilan, dengan memperpanjang waktu pendaftaran sebagai konsekuensi dari kendala sistem yang terjadi kemarin untuk melayani masyarakat secara optimal.


"Diperpanjang karena kemarin sempat tertunda, kita juga tidak ingin merugikan masyarakat.  Masyarakat yang berhasil mempunyai akun tidak perlu nunggu dibuka, tapi nanti waktunya berakhirnya sama sampai tanggal 11, semua akan mendapat kesempatan yang sama," tandasnya.



Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Toni Riyanto