Biro

Biro

Dalam menjalankan roda pemerintahan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memiliki Biro sebagai salah satu perangkat daerah. Terdapat sepuluh Biro yang ada pada Pemprov DKI Jakarta. Berikut daftar nama Biro, tugas pokok dan fungsi, struktur, beserta kontak yang dapat dihubungi dari masing-masing badan terkait: 

Biro Hukum

Biro Hukum mempunyai tugas melaksanakan penyusunan, harmonisasi, penelitian dan pengembangan, pengundangan produk hukum daerah, publikasi dan dokumentasi peraturan perundang-undangan, pemberian pertimbangan, bantuan, pelayanan hukum, kerjasama serta hak asasi manusia. 


Beberapa fungsi Biro Hukum antara lain, penyusunan rencana strategis dan rencana kerja dan anggaran Biro Hukum; pelaksanaan rencana strategis dan dokumen pelaksanaan anggaran Biro Hukum; penyiapan, penyusunan, penyelarasan, harmonisasi dan pengundangan peraturan perundang-undangan daerah, dan lain sebagainya. Biro ini dipimpin oleh Yayan Yuhanah selaku Kepala Biro Hukum DKI Jakarta. 


Informasi lebih lanjut:

Gedung Balaikota Blok G Lantai 9, Jl. Medan Merdeka Selatan No. 8-9, Jakarta Pusat

Telp. (021) 3822715

Website: www.jdih.jakarta.go.id   


Biro Kepala Daerah

Biro Kepala Daerah mempunyai tugas melaksanakan administrasi, keprotokolan, persidangan, pelayanan tamu Gubemur dan Wakil Gubernur; pelaksanaan ketatausahaan Pemerintah Daerah; pelaksanaan pengetikan dan penaklikan naskah dinas pimpinan.


Informasi lebih lanjut:

Jl. Medan Merdeka Selatan No. 8-9, Blok F, Lantai. 3 Jakarta Pusat, 10110

Telp.(021) 3822998 / 3822748


Biro Kerjasama Daerah

Biro Kerja Sama Daerah mempunyai tugas mengoordinasikan, merumuskan dan menyusun kebijakan, pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan dan pengoordinasian pelaksanaan tugas PD dalam penyelenggaraan kerja sama daerah dan perjalanan dinas.


Informasi lebih lanjut:

Jl. Medan Merdeka Selatan No. 8-9, Blok G - Lantai 16 Kelurahan Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Administrasi Jakarta Pusat, Provinsi DKI Jakarta 10110

Telp. (021) 3822715



Biro Kesejahteraan Sosial

Biro Kesejahteraan Sosial mempunyai tugas mengoordinasikan, merumuskan dan menyusun kebijakan. Pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan dan pengoordinasian pelaksanaan tugas PD penyelenggaraan urusan kesehatan, sosial, pemberdayaan masyarakat, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, pengendalian penduduk dan keluarga berencana, kepemudaan dan olahraga.


Informasi lebih lanjut:

Jl. Medan Merdeka Selatan No. 8-9, Blok G - Lantai 9 Kelurahan Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Administrasi Jakarta Pusat, Provinsi DKI Jakarta 10110 Telp.(021) 3822025

Biro Organisasi Dan Reformasi Birokrasi

Biro Organisasi dan Reformasi Birokrasi mempunyai tugas mengoordinasikan, merumuskan dan menyusun kebijakan, pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan dan pengoordinasian pelaksanaan tugas PD dalam bidang kelembagaan, analisis jabatan, analisis beban kerja, evaluasi jabatan, tatalaksana, reformasi birokrasi, akuntabilitas kinerja dan pelayanan publik.


Informasi lebih lanjut:

Jl. Medan Merdeka Selatan No. 8-9, Blok G - Lantai 9 Kelurahan Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Administrasi Jakarta Pusat, Provinsi DKI Jakarta 10110

Biro Pembangunan Dan Lingkungan Hidup

Biro Pembangunan dan Lingkungan Hidup mernpunyai tugas mengoordinasikan, merumuskan dan menyusun kebijakan, pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan dan pengoordinasian pelaksanaan tugas PD penyelenggaraan urusan pemerintahan bidang pekerjaan umum dan penataan ruang (pada sub urusan bidang jalan, sumber daya air, air minum, air limbah, drainase, bangunan gedung, penataan hangunan dan lingkungannya, penataan ruang, jasa konstruksi, permukiman, persampahan), energi dan sumber daya mineral (pada sub urusan bidang geologi), pertanahan, perumahan rakyat dan kawasan permukiman, lingkungan hidup, kehutanan, dan penyelenggaraan penerangan jalan umum, jaringan utilitas dan infrastruktur transportasi.


Informasi lebih lanjut:

Jl. Medan Merdeka Selatan No. 8-9, Blok G - Lantai 11 Kelurahan Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Administrasi Jakarta Pusat, Provinsi DKI Jakarta 10110

Biro Pemerintahan

Biro Pemerintahan mempunyai tugas mengoordinasikan, merumuskan dan menyusun kebijakan, pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan dan pengoordinasian pelaksanaan tugas PD penyelenggaraan urusan pemerintahan bidang ketenteraman, ketertiban umum, dan perlindungan masyarakat, komunikasi dan informatika, statistik, persandian, administrasi kependudukan dan pencatatan sipil, kesatuan bangsa dan politik, dan fungsi penunjang urusan pemerintahan bidang perencanaan, penelitian dan pengembangan, kepegawaian, pengembangan sumber daya manusia dan kesekretariatan dewan perwakilan rakyat daerah, serta bidang otonomi daerah, otonomi khusus, dekonsentrasi, tugas pembantuan dan pemerintahan umum, kapasitas daerah, perangkat kewilayahan dan pengaduan.


Informasi lebih lanjut:

Jl. Medan Merdeka Selatan No. 8-9, Blok G - Lantai 10 Kelurahan Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Administrasi Jakarta Pusat, Provinsi DKI Jakarta 10110 Telp.(021) 3822005

Biro Pendidikan Dan Mental Spiritual

Biro Pendidikan dan Mental Spiritual mempunyai tugas mengoordinasikan, merumuskan dan menyusun kebijakan, pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan dan pengoordinasian pelaksanaan tugas PD penyelenggaraan urusan pemerintahan bidang pendidikan, kebudayaan, perpustakaan dan kearsipan serta bidang mental spiritual.


Informasi lebih lanjut:

Jl. Medan Merdeka Selatan No. 8-9, Blok G - Lantai 19 Kelurahan Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Administrasi Jakarta Pusat, Provinsi DKI Jakarta 10110

Telp. (021) 3822024

Biro Perekonomian Dan Keuangan

Biro Perekonomian dan Keuangan mempunyai tugas mengoordinasikan, merumuskan dan menyusun kebijakan, pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan, dan pengoordinasian pelaksanaan tugas PD penyelenggaraan urusan pemerintahan bidang pariwisata, perindustrian, perdagangan, koperasi, usaha kecil dan menengah, perhubungan, tenaga kerja, transmigrasi, energi, penanaman modal, pangan, kelautan dan perikanan, pertanian, dan penyelenggaraan fungsi penunjang urusan pemerintahan bidang keuangan.


Informasi lebih lanjut:

Jl. Medan Merdeka Selatan No. 8-9, Blok G - Lantai 12 Kelurahan Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Administrasi Jakarta Pusat, Provinsi DKI Jakarta 10110 Telp. (021) 3822820

Biro Umum dan Administrasi Sekretariat Daerah

Biro Umum dan Administrasi Sekretariat Daerah mempunyai tugas melaksanakan pengelolaan rumah tangga dan pengamanan dalam kompleks gedung balaikota dan rumah dinas pimpinan, pelayanan kompleks gedung balaikota, perlengkapan dan sarana acara, administrasi Sekretaris Daerah, Deputi Gubernur dan ketatausahaan Sekretariat Daerah.


Informasi lebih lanjut:

Jl. Medan Merdeka Selatan No. 8-9, Blok G - Lantai 6 Kelurahan Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Administrasi Jakarta Pusat, Provinsi DKI Jakarta 10110

Telp. (021) 38223446

Website: https://biroumum.jakarta.go.id/

Artikel Terkait

Skip to content
GPR Widget