Hutan Kota

Hutan Kota

Dinas Pertamanan dan Hutan Kota
Kamis, 18 Maret 2021, 03:02 WIB

Meskipun DKI Jakarta merupakan salah satu kota besar di Indonesia dengan pembangunan yang pesat, wilayah kehutanan sebagai Ruang Terbuka Hijau (RTH) di ibu kota tetap ada dan berusaha untuk terus ditingkatkan. 

Hutan sebagai suatu ekosistem yang berisi sumber daya alam hayati yang didominasi pepohonan merupakan rumah bagi keanekaragaman hayati yang memiliki berbagai manfaat bagi alam dan masyarakatnya.

Lahan di Jakarta memang terbatas, namun upaya untuk meningkatkan RTH, khususnya kawasan hutan sebagai paru-paru kota, masih dapat dilakukan. Hingga tahun 2015 saja, 493,27 ha lahan telah dibebaskan dan ditanami pepohonan. Hal ini terus diupayakan untuk dikembangkan untuk mewujudkan RTH yang lebih luas lagi. 


DKI Jakarta memiliki kawasan hutan berupa hutan lindung seluas 44,76 ha yang merupakan hutan payau/bakau, hutan konservasi mencapai 227,34 ha dan Taman Nasional Kepulauan Seribu seluas 108.039,50 ha, serta hutan kota seluas 181,28 ha yang tersebar di 69 lokasi per 2015.

Hutan Kota di Jakarta

Hutan kota tersebar di berbagai lokasi di Jakarta. Berikut adalah beberapa hutan kota di Jakarta dengan karakteristiknya tersendiri:

  1. Hutan Kota Srengseng Jakarta Barat.

Hutan yang terletak di Jalan Haji Kelik, Srengseng, Jakarta Barat ini merupakan kawasan lindung bagi flora dan fauna, kawasan penelitian plasma nutfah dan pelatihan petugas pengelola hutan, serta kawasan rekreasi yang terbuka untuk umum.

  1. Hutan Kota Kemayoran.

Kawasan Hutan Kota Kemayoran dibangun dengan tujuan konservasi lingkungan untuk mendorong terciptanya iklim mikro yang nyaman bagi masyarakat. Terletak di Jakarta Pusat, hutan kota ini juga difungsikan sebagai kawasan penyangga lingkungan fisik kritis perkotaan dan pencegah intrusi laut. 

Di hutan kota ini terdapat danau seluas 12,8 hektare, rawa buatan untuk pelindung dari erosi dan abrasi, pintu air untuk melancarkan perputaran air, jembatan untuk menghubungkan lokasi di dalam hutan kota, menara pengamat dan gerbang hutan kota untuk pengamanan, juga fasilitas lainnya untuk masyarakat yang ingin berekreasi di dalamnya. 

  1. Hutan Kota Bumi Perkemahan Cibubur.

Arboretum Cibubur, begitulah hutan kota ini dikenal. Terdapat sekitar 57 jenis vegetasi yang menjadi rumah bagi satwa sekitar. Hutan kota ini diperuntukkan sebagai lokasi perkemahan yang terbuka untuk umum. Di dalamnya terdapat lokasi perkemahan yang dilengkapi dengan toilet dan penyiapan tempat-tempat air. 

  1. Hutan Kota PT Jakarta Propertindo/Banjir Kanal Barat Jakarta Utara.

Hutan kota ini merupakan hutan pelindung bantaran sungai dari abrasi. Selain itu, hutan kota ini juga menjadi tempat penyerapan/konservasi air. Hutan kota ini dibuka untuk umum sebagai kawasan rekreasi yang dilengkapi dengan pengaman sungai dan pengaman lokasi hutan kota. 

  1. Hutan Kota Blok P, Jakarta Selatan.

Hutan kota ini merupakan hutan kota tipe konservasi resapan air yang memiliki luas 1,64 ha. Kawasan hutan kota ini memiliki fasilitas yang sangat lengkap, seperti penangkaran rusa, penangkaran burung, Monumen dan Taman Ade Irma Suryani, serta pintu air. 

Selain hutan-hutan kota tersebut, masih banyak kawasan hutan kota lain yang dapat menopang ekosistem hutan yang beraneka ragam. Untuk dapat melihat lokasi persebaran hutan kota di Jakarta, silakan kunjungi peta di laman web Jakarta Smart city.

Sumber:

https://lingkunganhidup.jakarta.go.id

https://smartcity.jakarta.go.id/maps/?id=18.4

Artikel Terkait

Dinas Pertamanan dan Hutan Kota

Dinas Pertamanan dan Pemakaman dibentuk sejak diberlakukannya Peraturan Daerah (Perda) Provinsi DKI Jakarta Nomor 10 Tahun 2008 tentang Organisasi Perangkat Daerah.