Jakarta Siaga 112 memiliki pusat call center yang akan mengoordinasikan respon semua layanan darurat dan memantau perkembangannya. Hal ini diperuntukan untuk merespon keadaan darurat dengan cepat dan mengelola sumber daya secara efektif untuk memastikan bahwa situasi yang paling kritis ditangani terlebih dahulu.
Pengaduan melalui telepon 112, akan langsung terhubung ke call center Jakarta Siaga 112 dan petugas akan meneruskan informasi melalui aplikasi web monitoring kepada SKPD terkait, setelah mengidentifikasi situasi tersebut SKPD akan mengirimkan layanan darurat yang sesuai dengan aduan pemohon.
Untuk mengoptimalkan pelayanan, Jakarta Siaga 112 hadir untuk meningkatkan kecepatan dan efektivitas tanggap darurat di Jakarta serta menyelamatkan nyawa dengan menyediakan layanan darurat yang cepat dan efisien. Dengan bekerjasama dengan berbagai instansi pemerintah maupun non-pemerintah. Terdapat 18 jenis layanan kedaruratan yang ditangani Jakarta Siaga 112, yakni :
1. Kebakaran
2. Angin puting beliung
3. Pohon tumbang
4. Kecelakaan
5. Banjir
6. Kemacetan
7. Kerusakan konstruksi
8. Penyelamatan korban
9. Hewan liar
10. Gempa bumi
11. Jalan tergenang
12. Terorisme
13. Kekerasan dalam rumah tangga
14. Kedaruratan medis
15. Tanah longsor
16. Konflik sosial
17. Kriminalitas
18. Evakuasi jenazah
BPBD merupakan unsur pelaksana urusan pemerintahan bidang ketentraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat pada sub urusan bidang bencana.