Jakarta Siaga 112

Jakarta Siaga 112

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)
Senin, 22 Maret 2021, 03:44 WIB

Layanan Call Center Jakarta Siaga 112 merupakan program yang dilaksanakan secara mandiri oleh Pemprov DKI Jakarta dengan bantuan CSR dari PT BCA Tbk, yang meliputi pembangunan sistem dan pelatihan agen.

Tentang Layanan Siaga 112

Terkait pembangunan sistem, PT BCA Tbk memfasilitasi pembangunan sistem: 

  1. Hardware, seperti pengadaan perangkat server dan pendukungnya.

  2. Software yang meliputi Aplikasi Telephony System dan Aplikasi Call Tracking. PT BCA Tbk melalui Tim Hallo BCA juga melatih dan meningkatkan kapasitas seluruh Agen Call Center Jakarta Siaga 112, bahkan menempatkan sepuluh agen dari Call Center Halo BCA untuk membantu di Call Center Jakarta Siaga 112.


Sebelumnya, layanan pengaduan di DKI Jakarta masih dilaksanakan setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dengan nomor masing-masing. Misalnya layanan 118 untuk Ambulance Gawat Darurat Dinas Kesehatan, 119 untuk Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu, 113 untuk Pemadam Kebakaran. Layanan Pengaduan yang terdapat di SKPD kini diintegrasikan dengan satu nomor Layanan Call Center Jakarta Siaga 112, yang dapat diakses gratis dan tanpa sim card. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta sebagai koordinatornya, sehingga mempermudah pelayanan pengaduan masyarakat untuk Kebakaran, Bencana, Ambulan Medis, Gangguan Keamanan, Kecelakaan dan Kasus Kegawatdaruratan lainnya. Dengan demikian, koordinasi antar-instansi di Jajaran Pemprov DKI Jakarta menjadi lebih baik dan terpadu.


Layanan Call Center Jakarta Siaga 112 merupakan layanan pengaduan masyarakat yang memiliki sistem hampir serupa dengan 911 di Amerika Serikat. Dengan mengintegrasi data dari Jakarta Smart City, unit pelaksana Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi DKI Jakarta, Agen Call Center Jakarta Siaga 112 akan memandu, memberikan pertolongan pertama, serta memberikan saran kepada penelepon agar melakukan tindakan-tindakan tertentu, sampai bantuan atau petugas tiba di lokasi kejadian, sesuai dengan Standard Operational Procedure (SOP) yang telah ditetapkan. Agen Call Center Jakarta Siaga 112 juga langsung dapat menghubungi dan mengarahkan petugas di lapangan, agar cepat sampai ke lokasi kejadian, dengan memanfaatkan Global Positioning System (GPS) yang terpasang di setiap perangkat yang dibawa petugas lapangan. 


Beberapa jalur komunikasi yang digunakan sebagai sarana komunikasi berlapis dalam Sistem Jakarta Siaga 112 antara lain Radio Trunking, Web Monitoring, CROP, serta kamera CCTV yang dapat memonitor dan pergerakan aktivitas di lapangan oleh Agen Call Center Jakarta Siaga 112. Untuk koordinasi dan komunikasi dengan Polda Metro Jaya, Agen Call Center Jakarta Siaga 112 menggunakan Radio RIG Polda Metro Jaya, yang ditempatkan di ruang Call Center Jakarta Siaga 112 dan terhubung dengan Biro Operasi Polda Metro Jaya serta seluruh Polsek di DKI Jakarta. Saat ini Layanan Call Center Jakarta Siaga 112 sudah terintegrasi dengan seluruh Dinas terkait, seperti Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan, Dinas Perindustrian dan Energi, Dinas Sosial, Dinas Tata Air, Dinas Bina Marga, Dinas Perhubungan, Dinas Kebersihan, Dinas Pertamanan dan Pemakaman, Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan, Satuan Polisi Pamong Praja, AGD 118, Polda Metro Jaya, PMI DKI Jakarta, serta Kantor SAR Jakarta. Sesuai Peraturan Gubernur nomor 142 tahun 2016 tentang Layanan Nomor Tunggal Panggilan Darurat Jakarta Siaga 112, untuk mendukung Layanan Call Center Jakarta Siaga 112, seluruh SKPD dan instansi terkait telah menandatangani komitmen bersama. Dengan demikian, Layanan Call Center Jakarta Siaga 112 diyakini dapat menjadi solusi tepat untuk permasalahan kegawatdaruratan di DKI Jakarta. 

Kontak

Untuk informasi lebih lanjut seputar Layanan Siaga 112 Jakarta, dapat menghubungi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melalui:


BPBD PROVINSI DKI JAKARTA

PUSDALOPS BPBD DKI JAKARTA

Gedung Dinas Teknis, Lt. 5

Jl. Abdul Muis, No. 66, Jakarta Pusat


Email:

  • bpbd.dki.jakarta@gmail.com

  • pusdalopsbpbd@jakarta.go.id

  • pusdalopsbpbdjkt@gmail.com


Telp/Fax: (021) 386 5632.

Facebook: BPBD DKI Jakarta.

Twitter: @BPBDJakarta.


Artikel Terkait

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)

Dinas yang bertugas mengurangi risiko bencana, meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi bencana, dan menanggulangi bencana.