Wisata Kepulauan Seribu

Wisata Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu merupakan salah satu wilayah yang masuk ke dalam administrasi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Secara geografis, Kepulauan Seribu memiliki total wilayah seluas 4.745,62 km2 yang terdiri dari 8,76 km2 daratan, dan terdiri lebih dari 110 pulau. Kepulauan Seribu terbagi menjadi dua kecamatan, yakni Kepulauan Seribu Utara dan Kepulauan Seribu Selatan. Wilayah ini terbagi menjadi enam kelurahan, yaitu Pulau Kelapa, Pulau Harapan, Pulau Panggang, Pulau Tidung, Pulau Pari, dan Pulau Untung Jawa.


Di Kepulauan Seribu, kita akan menemukan berbagai macam penduduk multi etnis dari berbagai latar belakang agama, adat istiadat, serta seni budaya. Bukan hanya keberagaman saja yang ditawarkan Kepulauan Seribu, namun juga keindahan alam laut dan pulau-pulau di Kepulauan Seribu yang menarik banyak pengunjung domestik maupun internasional. Bagi kamu yang ingin berkunjung ke Kepulauan Seribu, ada banyak pulau yang dapat kamu datangi dengan berbagai aktivitas yang dapat kamu lakukan selama di sana. Berikut daftar beberapa pulau yang bisa kamu kunjungi di Kepulauan Seribu:


Kepulauan Seribu

  1. Pulau Bidadari Pulau ini termasuk salah satu pulau yang sering dikunjungi. Letaknya tidak jauh, hanya 25 menit dari Marina Ancol. Pulau ini juga disebut sebagai Pulau Eco Resort, karena lingkungan alamnya yang tetap terjaga. Apabila kamu menyukai wisata bahari, Pulau Bidadari tentu tidak boleh kamu lewatkan.  Ada berbagai hal menarik yang dapat kamu temukan di pulau ini, di antaranya Benteng Martello peninggalan Belanda, berfoto dengan Patung Tanduk Tujuh Belas karena pulau ini memang dikelilingi dengan bermacam patung, serta kamu bisa berwisata kuliner dengan menyantap makanan khas pulau ini. Pulau Bidadari juga sangat terkenal dengan wisata baharinya. Di sana kamu bisa melakukan segudang aktivitas olahraga air seperti snorkeling, memancing, canoe, banana boat, dan aktivitas lainnya.

 

  1. Pulau Onrust Bagi kamu yang suka melihat peninggalan arkeologi pada masa kolonial Belanda, kamu wajib mengunjungi pulau ini. Letaknya tidak jauh dari Pulau Bidadari. Dahulu kala, pulau ini sering menjadi tempat transit sebelum kapal-kapal Belanda menuju ke Batavia. Selain melihat bangunan dan peninggalan bersejarah di era kolonial, kamu juga dapat berkunjung dan berfoto di Museum Taman Arkeologi Onrust di mana kamu dapat menemukan miniatur Pulau Onrust.

  1. Pulau Macan Pulau Macan menjadi destinasi yang tepat untuk relaksasi sejenak dari kesibukan aktivitas sehari-hari. Pengunjung dapat relaksasi sambil memandang panorama matahari terbenam dari dalam kamar resort. Di pulau ini, kamu bisa berjemur di bawah terik matahari, menginap di club house dengan santapan lezat yang dihidangkan secara buffet, serta berolahraga air seperti snorkeling, diving, canoe, dan windsurfingPulau ini bukan hanya menjadi tempat rekreasi, namun juga menjadi wilayah untuk mendukung pelestarian alam. Di pulau ini, para pengunjung memiliki kesempatan untuk menanam koral-koral baru di sekitar Pulau Bidadari.

  1. Pulau Ayer Pulau Ayer juga disebut sebagai “Mutiara Kepulauan” yang dahulu kala sempat menjadi tempat peristirahatan pribadi Ir. Soekarno, Presiden Pertama Republik Indonesia. Dengan nuansa etnik Papua, pengunjung bisa merasakan menginap di floating cottage dan melakukan berbagai aktivitas seru seperti memancing, berenang, bermain tenis, basket, serta bola voli. Bagi kamu yang menyukai aktivitas olahraga air, kamu bisa berselancar, naik canoe, jet ski, serta banana boat. 

  1. Pulau Putri Pulau Putri juga menjadi salah satu pulau yang paling diminati pengunjung. Ada banyak kecantikan alam yang dapat dinikmati di pulau ini. Apabila pengunjung ingin melihat biota laut tanpa melakukan snorkeling, Undersea Tunnel Aquarium dapat membantu kamu melihat indahnya kehidupan laut dari bawah terowongan (tunnel).  Selain itu, para pengunjung di pulau ini juga bisa menikmati keindahan bawah laut di sekitar pulau dengan menaiki Glass Bottom Boat. Kapal boat ini berkapasitas 30 orang, dilengkapi dengan tempat duduk penumpang dan dinding kapal yang dilapisi kaca tebal, sehingga pemandangan laut langsung dapat dinikmati oleh para penumpang. Menjelang sore, para wisatawan dapat menikmati keindahan matahari tenggelam di Pulau Putri dengan menaiki sunset cruise. Dengan fasilitas ini, wisatawan juga dapat mengelilingi beberapa Pulau Seribu yang terdekat dengan Pulau Putri.  

 

  1. Pulau Tidung Rasanya tidak akan lengkap jika berkunjung ke Kepulauan Seribu tanpa mendatangi Pulau Tidung. Pulau ini terbagi menjadi dua bagian, yakni Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Tetapi Pulau Tidung Kecil tidak ditempati oleh penduduk sekitar, karena dikhususkan untuk menjadi tempat budidaya dan pelestarian tanaman bakau atau mangrove. Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil dihubungkan oleh satu jembatan yang dinamakan Jembatan Cinta. Para pengunjung dapat menikmati panorama indah dari ekosistem laut yang dapat terlihat dari bagian atas, karena air di Pulau Tidung sangatlah bersih. Bagi para pecinta aktivitas olahraga air, kamu bisa melakukan snorkeling dan banana boat sambil menikmati keindahan biota laut di Pulau Tidung. Tidak hanya itu, pengunjung juga bisa ikut melakukan aktivitas penanaman mangrove di Pulau Tidung Kecil pada waktu-waktu tertentu.


    Masih ada banyak pulau lain yang wajib dikunjungi di Kepulauan Seribu. Untuk informasi lebih lanjut terkait wisata Kepulauan Seribu dapat melihat dari tautan ini.

Artikel Terkait