Kompleks Gelora Bung Karno

Kompleks Gelora Bung Karno

Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno
Rabu, 24 Maret 2021, 08:00 WIB

Kompleks Gelora Bung Karno merupakan fasilitas olahraga serbaguna kebanggaan Indonesia yang terletak di Senayan, Jakarta, Indonesia. Di dalam kompleks olahraga ini terdapat stadion utama, stadion sekunder, lapangan sepakbola, stadion air, stadion tenis, lapangan hoki, bisbol, panahan, dan ruangan untuk gimnasium dengan total 36 venue. Kawasan fasilitas olahraga ini juga memiliki 84% Ruang Terbuka Hijau (RTH) dengan 67,5% lingkungan hijau dengan pepohonan langka dan rumah bagi sekitar 22 jenis burung liar.

Sejarah

Gelora (Gelanggang Olahraga) Bung Karno dibangun pada tahun 1960. Pada awalnya, GBK ditujukan untuk menjadi rumah bagi perhelatan Pesta Olahraga Asia (Asian Games) 1962. Renovasi besar-besaran rampung pada tahun 2018 untuk menyambut Asian Games 2018 dan Asian Paragames 2018. Kompleks GBK merupakan kompleks olahraga tertua dan terbesar di Indonesia, juga di Asia Tenggara. 


Penggunaan nama Bung Karno ditujukan untuk menghormati Soekarno, Presiden Pertama Indonesia yang menjadi penggagas dibangunnya GBK. Pada Masa Orde Baru, GBK sempat berganti nama menjadi Gelora Senayan, kemudian kembali lagi menjadi Gelora Bung Karno seperti semula sesuai Surat Keputusan Presiden No. 7/2001.

Visi dan Misi

Visi: 


”Menjadi kawasan olahraga terintegrasi yang modern, ramah lingkungan dan unggul di dunia”


Misi: 

  1. Mengoptimalkan seluruh sumber daya PPKGBK untuk menunjang terselenggaranya pelayanan prima dan pengelolaan Gelora Bung Karno secara profesional sesuai kaidah-kaidah good corporate governance;

  2. Melestarikan lingkungan Komplek Gelora Bung Karno sebagai paru-paru kota, sebagai ruang terbuka hijau, dan sebagai objek wisata dan prasarana komunikasi sosial.

  3. Mengamankan dan melestarikan aset di Komplek Gelora Bung Karno sebagai aset negara dengan tetap memperhatikan sebagai benda cagar budaya serta membangun, mengembangkan, memelihara sarana dan prasarana yang terintegrasi, modern dan berstandar internasional untuk mendukung kemajuan olahraga nasional;

  4. Mengembangkan dan memanfaatkan segala potensi Kawasan Gelora Bung Karno yang bersifat strategis, umum, dan rutin untuk meningkatkan pendapatan dalam rangka menciptakan kemandirian ekonomi.

Fasilitas-Fasilitas

Kawasan Gelora Bung Karno terdiri dari berbagai fasilitas untuk kegiatan olahraga yang nyaman, seperti Stadion Utama Gelora Bung Karno, Stadion Akuatik, Istora Gelora Bung Karno, Stadion Tenis Indoor, Pusat Tenis Luar Ruangan (Stadion Centre Court), Stadion Madya, Lapangan Pelatihan Sepak Bola ABC, Lapangan Panahan, Stadion Basket, Lapangan Hoki, Lapangan Bola-Softball, Balai Sidang Multifungsi, Masjid Al-Bina, dan Menara GBK.


Selain itu, terdapat penataan-penataan GBK lainnya seperti dibangunnya plaza, air mancur, hingga pedestrian. Hal ini ditujukan untuk membuat masyarakat yang mengujungi dan menggunakan kompleks GBK nyaman dan aman. Terlebih kompleks GBK juga tidak hanya dipakai untuk kompetisi olahraga saja, namun juga terbuka untuk masyarakat yang ingin berlari, bersepeda, hingga melakukan senam khususnya saat akhir pekan.

Cara Reservasi Fasilitas di Gelora Bung Karno

Bagi masyarakat yang ingin melakukan reservasi fasilitas di Gelora Bung Karno, bisa mengunjungi Pusat Pengelolaan Kompleks Gelora Bung Karno (PPKGBK) yang berada di Jalan Pintu Satu Senayan, Jakarta, atau menghubungi melalui nomor 021-29888555 Ext.7000 atau via 021-5701862, atau via email ke info@gbk.id. Selain itu, masyarakat juga bisa melakukan reservasi daring dengan cara berikut ini:

  1. Kunjungi reservation.gbk.id

  2. Jika sudah memiliki akun, silakan log in langsung. Jika belum memiliki akun, maka dapat mendaftar di halaman registrasi di menu Registrasi.

  3. Pilih menu "Game" di Menu Bar di kanan atas.

  4. Pada laman “Game” pilih venue yang ingin dipesan.

  5. Pada halaman detail Venue, pilih Game.

  6. Atur waktu mulai hingga akhir sewa.

  7. Pilih rentang waktu (jam sewa). Lalu, tentukan cara pembayaran yang dikehendaki.

  8. Setelah membaca syarat dan ketentuan dan setuju, klik Pesan Sekarang (Book Now).

  9. Akan muncul laman rangkuman bukti reservasi.

Informasi Lebih Lanjut

Pusat Pengelolaan Kompleks Gelora Bung Karno (PPKGBK) 

Kunjungi web Gbk.id

Artikel Terkait

Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno

Gelanggang Olahraga (Gelora) Bung Karno adalah sebuah kompleks olahraga serbaguna di Senayan, Jakarta, Indonesia. Kompleks olahraga ini dinamai untuk menghormati Soekarno, Presiden pertama Indonesia, yang juga merupakan tokoh yang mencetuskan gagasan pembangunan kompleks olahraga ini. Dalam rangka de-Soekarnoisasi, pada masa Orde Baru, nama kompleks olahraga ini diubah menjadi Gelora Senayan.