Metode Pembayaran Transportasi Publik Jakarta

Metode Pembayaran Transportasi Publik Jakarta

Dinas Perhubungan
Kamis, 13 Juli 2023, 03:02 WIB

Sebagai Kota Global, Jakarta sudah terdigitalisasi mulai dari sektor pemerintah, bisnis, hingga masyarakat secara umum. Dampaknya, kemudahan digital ini bisa Anda temukan dari metode pembayaran untuk menaiki transportasi publik.

Salah satu metode pembayaran Transportasi Publik secara non-tunai adalah dengan menggunakan Kartu Uang Elektronik (KUE), dengan rincian sebagai berikut:

Selain pembayaran menggunakan KUE, Anda juga bisa memindai kode QR yang berisikan saldo uang elektronik di beberapa moda transportasi publik.

Sistem transportasi publik di Jakarta sudah sepenuhnya menerapkan pembayaran digital. Namun jika Anda belum memiliki kartu atau aplikasi dompet digital untuk kode QR, Anda bisa langsung membeli kartu dengan uang tunai di beberapa minimarket atau langsung di halte dan stasiun.

Cara Membeli Kartu Uang Elektronik

Anda bisa membeli KUE dengan beberapa cara, mulai dari mendatangi tempat pembelian secara langsung maupun membelinya secara daring.

Beberapa cara untuk membeli Kartu Uang Elektronik adalah:

  • Kantor Cabang Penerbit KUE: Bank DKI, BNI, BRI, BCA, Mandiri, dan lainnya;
  • E-Commerce;
  • Minimarket;
  • Mesin jual otomatis di Halte TransJakarta, KRL Commuter Line, MRT Jakarta dan LRT Jakarta.

Berbagai Kartu Uang Eletronik (KUE) yang sudah Anda dapatkan bisa digunakan hampir untuk seluruh moda transportasi di Jakarta. Anda bisa melihat jenis kartu dan moda transportasi yang tersedia melalui tabel di atas.

Anda juga bisa menggunakan KUE yang Anda miliki untuk menikmati tarif integrasi transportasi. Anda hanya perlu mengaktivasi KUE milik Anda pada alat BCT (Balance Check Terminal) yang tersedia di baik di Stasiun LRT Jakarta, MRT Jakarta, serta Halte Transjakarta.

Dengan menggunakan tarif integrasi, Anda dapat menggunakan lebih dari 1 (satu) moda Transportasi yaitu MRT, LRT atau Transjakarta hanya dengan membayar ongkos maksimal Rp.10.000.

Pembayaran dengan Memindai Uang Elektronik

Selain pembayaran menggunakan KUE, Anda juga bisa memindai kode QR yang berisikan saldo uang elektronik di beberapa transportasi publik. Anda bisa mengunduh aplikasi penyimpanan uang elektronik atau dompet digital, mengisinya saldo, kemudian memilih pembayaran transportasi yang dituju melalui aplikasi tersebut.

Bahkan, beberapa operator moda transportasi menyediakan layanan pembayaran langsung dengan kode QR. JakLingko bisa menjadi pilihan utama bagi Anda untuk pembayaran dengan kode QR.

Anda cukup mengunduh aplikasi JakLingko di ponsel pintar dan melakukan pembayaran dengan memindai kode QR di palang masuk halte atau stasiun transportasi publik tertuju.

Selain JakLingko, beberapa moda seperti TransJakarta, MRT Jakarta, dan LRT Jakarta juga memiliki aplikasi tersendiri sebagai metode pembayaran kode QR.

Informasi selengkapnya mengenai pembayaran dengan kode QR di beberapa moda transportasi Jakarta bisa dilihat di sini.

Kini, Anda bisa langsung menikmati tarif integrasi multimoda di transportasi publik Jakarta. Seperti, MRT Jakarta, LRT Jakarta, dan TransJakarta (termasuk mikrotrans, minitrans, metrotrans). 

Anda hanya perlu mengaktivasi KUE milik Anda yang dikeluarkan oleh beberapa perbankan, atau miliki JakLingko Card berwarna hitam guna mendapatkan tarif integrasi automatis. 

 

Tarif transportasi di Jakarta sudah terintegrasi. Selain itu, beberapa moda transportasi di Jakarta juga sudah terkoneksi antar halte atau stasiun. Kemudahan akses transportasi serta informasi pembelian KUE bisa Anda peroleh dengan mudah.

Artikel Terkait

Dinas Perhubungan

Dinas mempunyai tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan Bidang perhubungan.

Skip to content

slot gacorhttps://formppid.kemenpora.go.id/__captcha/__demo/slot