Pusat Kebudayaan Jakarta

Pusat Kebudayaan Jakarta

Dinas Kebudayaan
Senin, 22 Maret 2021, 07:16 WIB

Tentang Pusat Kebudayaan Jakarta


Pengertian Pusat Kebudayaan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah tempat untuk membina dan mengembangkan suatu kebudayaan. Di DKI Jakarta, terdapat beberapa Pusat Kebudayaa
n yang dapat dikunjungi, agar kita dapat lebih mengenal budaya Indonesia, khususnya Betawi. Berikut ini beberapa Pusat Kebudayaan di Jakarta yang dapat kamu kunjungi:

Anjungan DKI Jakarta di Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Jika berkunjung ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII), kamu dapat menyaksikan budaya Betawi yang sejak dulu dipengaruhi berbagai kultur, seperti Tionghoa, Arab, Eropa, dan sebagainya. Selain melihat rumah adat Betawi, pengunjung juga dapat menyaksikan pertunjukan reguler yang menampilkan musik, tari, teater, dan seni tradisi Betawi lainnya. Anjungan DKI Jakarta memiliki pula ruang perpustakaan dan ruang pameran yang menampilkan kekayaan budaya Betawi.

Teater Seni Pertunjukan Jakarta

Apabila kamu tertarik untuk melihat pertunjukan teater, Gedung Kesenian Jakarta (GKJ) menjadi salah satu destinasi yang perlu kamu kunjungi. Gedung ini didirikan sejak 1821 pada zaman penjajahan Belanda. Dengan bangunan bergaya Neo-Renaissance, GKJ menampilkan berbagai pertunjukan tradisional maupun modern, dari drama, musik, hingga tari.

Kampung Budaya Betawi Setu Babakan

Kampung Budaya Betawi Setu Babakan atau Danau Babakan ini berlokasi di Jagakarsa, Jakarta Selatan. Tempat ini khusus ditujukan untuk melestarikan dan memajukan seni budaya Betawi. Jika berkunjung ke sini, kamu dapat melihat aneka pertunjukan seni budaya Betawi yang ditampilkan secara reguler. Kamu juga dapat melihat rumah Betawi asli, menyaksikan upacara tradisional, menikmati ragam makanan Betawi, serta bersantai di tepi danau yang menyejukkan.

Cara Mendaftarkan Sanggar Seni di Situs Dinas Kebudayaan DKI Jakarta

  1. Kunjungi dinaskebudayaan.jakarta.go.id.

  2. Gulir laman hingga kamu menemukan menu ‘Aplikasi Budaya’.

  3. Klik ‘Sanggar Seni’.

  4. Kamu akan diarahkan menuju menu Sanggar Seni. Pada bagian pojok kanan atas, klik ‘Register’.

  5. Isi formulir registrasi sesuai dengan data sanggar seni kamu.

  6. Bila sudah lengkap, klik ‘Simpan’. Pada bagian atas akan muncul kotak hijau bertuliskan ‘Sukses! Selamat, data sudah disimpan!’.

  7. Setelah itu, lanjutkan mengisi 8 menu lain seperti Sarana Prasarana, Legalitas, Aspek Pelayanan, Karya, Pengalaman Sanggar, Pelaku Seni, dan Penghargaan.

  8. Bila semuanya sudah diisi dengan lengkap, silakan tunggu verifikasi dari admin. Untuk video tutorial, silakan kunjungi tautan berikut Video Tutorial Daftar Sanggar Via Website.

Untuk informasi lebih lanjut terkait Pusat Kebudayaan Jakarta, kamu dapat mengunjungi tautan ini.

Artikel Terkait

Dinas Kebudayaan

Dinas yang bertugas melaksanakan urusan pemerintahan dan pembangunan di bidang kebudayaan.