Railink

Railink

Dinas Perhubungan
Senin, 24 Juli 2023, 03:52 WIB

Railink Kereta Bandara menyediakan akses langsung dari stasiun yang terletak di dalam kota menuju terminal 1 dan terminal 2 Bandara Soekarno – Hatta. Kereta ini bisa menampung 272 penumpang dengan interval waktu keberangkatan 30 menit sekali.

Akses transportasi ini tersedia khusus bagi Anda yang ingin bepergian menuju ke bandara maupun dari bandara menuju ke Kota Jakarta. Kereta ini beroperasi sejak tahun 2018 dan melayani rute Bandara Soekarno – Hatta.

Kereta ini dioperasikan oleh anak perusahaan dari PT. Kereta Api Indonesia (Persero).

Tarif: Rp30.000 – Rp70.000

Jam Operasional: 03.20 – 22.15 WIB

Jangkauan: Kota Tangerang, Jakarta Barta, Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan

Jumlah Stasiun: 5 stasiun

Lintasan dan Fasilitas Railink Kereta Bandara

Kereta Bandara yang menyediakan perjalanan dari dan ke Bandara Soekarno – Hatta ini memiliki lintasan rel dengan jarak total 36.3 km. Lintasan ini dapat ditempuh dengan waktu tempuh kurang lebih 50 menit, serta bisa melaju hingga 100 km/jam.

Selain lintasan yang melewati titik-titik strategis, Anda bisa menikmati fasilitas dari kereta bandara sepanjang perjalanan Anda menuju titik tujuan. Beberapa fasilitas dasar seperti toilet, rak bagasi, dan kursi reclining dilengkapi dengan fasilitas modern seperti televisi dan perangkat USB untuk mengisi daya gawai Anda tersedia di rangkaian Railink Kereta Bandara. 

Metode Pembayaran

Untuk menggunakan layanan Railink Kereta Bandara, Anda bisa memesan tiket pada situs web, aplikasi KA Bandara, KAI Access, hingga mesin penjual otomatis yang tersedia di stasiun keberangkatan. Anda bisa langsung memesan tiket Railink Kereta Bandara di sini.

Sejarah Railink Kereta Bandara

Penyediaan fasilitas transportasi publik kini menjadi prioritas wilayah perkotaan di Indonesia, salah satunya untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya. Kereta Bandara adalah jawaban dari penyediaan akses langsung transportasi publik dari wilayah bandara ke wilayah perkotaan.

Salah satu kereta bandara yang tersedia di bandara Indonesia adalah Railink Kereta Bandara Soekarno – Hatta, yang mulai beroperasi sejak 2 Januari 2018.  Mulanya, layanan ini merupakan hasil kerja sama dari PT Kereta Api Indonesia dengan Angkasa Pura II, dua Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk layanan perekeretaapian dan bandar udara.

Kemudian terhitung mulai 1 Januari 2023, Railink Kereta Bandara Soekarno – Hatta mulai dikelola oleh PT KAI Commuter Indonesia, perusahaan serupa yang menaungi pengelolaan KRL Commuter Line.

Artikel Terkait

Dinas Perhubungan

Dinas mempunyai tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan Bidang perhubungan.

Skip to content

slot gacorhttps://formppid.kemenpora.go.id/__captcha/__demo/slot