Railink

Railink

Dinas Perhubungan
Jumat, 19 Maret 2021, 06:07 WIB

PT Railink didirikan pada 28 September 2006, sebagai anak perusahaan PT Kereta Api Indonesia dan PT Angkasa Pura II. Railink merupakan Kereta Api Bandara pertama di Indonesia yang telah berhasil mengoperasikan kereta Bandara Kualanamu pada 25 Juli 2013. 


Tiga tahun setelah Kereta Bandara Kualanamu, PT Railink berhasil menghadirkan Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta (BSH). Rutenya dari Stasiun Manggarai sampai Stasiun Bandara Soekarno-Hatta dengan jarak 36,3 km. Kereta Api BSH berhenti di lima stasiun, yaitu Manggarai, BNI City, Duri, Batu Ceper, serta Bandara Soekarno-Hatta.

Keunggulan Railink

Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta memiliki beberapa keistimewaan yang menjadikan moda transportasi ini dapat diandalkan para penumpang. Kereta Api BSH dapat melaju dengan kecepatan maksimal 100 km/jam, sehingga jarak antara Stasiun Bandara Soekarno-Hatta dan Stasiun Manggarai dapat ditempuh selama 54 menit. 


Fasilitas Kereta Api BSH dilengkapi dengan enam gerbong, 272 kursi, kompartemen bagasi, TV LED, CCTV, kursi untuk penyandang disabilitas, port USB listrik, konektivitas internet nirkabel (Wi-Fi), sistem toilet vakum, pemadam api, lampu darurat, dan sistem informasi penumpang. 

Jadwal Keberangkatan Railink

Dalam upaya meningkatkan pelayanan yang optimal bagi penumpang, PT Railink menyediakan sepuluh Kereta Api Eksklusif, dengan jadwal yang teratur dan tepat waktu. 


Untuk rute dari Stasiun Manggarai ke Stasiun Bandara Soekarno-Hatta, jadwal pemberangkatan paling pagi pukul 04.40 WIB dan terakhir jam 22.30 WIB. Sementara itu, pemberangkatan dari Stasiun Bandara Soekarno-Hatta ke Stasiun Manggarai dimulai sejak pukul 05:57 WIB dan berakhir jam 23:47 WIB. 

Cara Pemesanan Tiket Railink

Pemesanan tiket Railink dapat dilakukan melalui internet booking. Pengguna dapat mengakses link https://reservation.railink.co.id. Setelah masuk ke laman web, pengguna diarahkan untuk memilih jenis tiket yang akan dibeli dan menentukan jumlah perjalanan (sekali perjalanan atau pulang pergi). 

Kemudian, pengguna perlu memilih stasiun keberangkatan, stasiun tujuan, dan jumlah penumpang. Pilih jam keberangkatan, isi data diri dengan lengkap, pilih metode pembayaran, serta selesaikan proses pemesanan. Selain itu, pengguna dapat memilih metode pembayaran yang mereka inginkan. 

Beberapa metode pembayaran yang dapat digunakan antara lain melalui vending machine, credit card, debit card, serta prepaid card. Agar mobilitas kamu lebih cepat dan nyaman, yuk kita gunakan moda transportasi Railink. 

Artikel Terkait

Dinas Perhubungan

Dinas yang melaksanakan urusan perhubungan di Ibukota DKI Jakarta.