Tempat Rekreasi dan Taman Bermain

Tempat Rekreasi dan Taman Bermain

Jakarta memiliki banyak tempat rekreasi dan taman bermain bagi warganya atau siapa saja yang sedang berkunjung ke ibu kota. Kita tidak akan kehabisan wahana untuk bersenang-senang, dari taman bermain di tengah kota hingga tempat rekreasi alam di area kepulauan. Berikut ini beberapa lokasi taman rekreasi serta taman bermain yang populer, sehingga menjadi tujuan wisata banyak orang. 

Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) adalah sebuah arena rekreasi sekaligus pendidikan di Jakarta Timur. Para pengunjung dapat berekreasi sambil belajar mencintai alam dan mengenal berbagai budaya di Indonesia. 

TMII merupakan sebuah taman nan amat luas yang berisi aneka fasilitas rekreasi dan berbagai replika rumah tradisional dari 33 provinsi di Indonesia seukuran aslinya. Pengunjung dapat menikmati keindahan Rumah Gadang (rumah tradisional Minangkabau), Tongkonan (rumah tradisional Toraja), rumah panjang Suku Dayak dari Kalimantan, rumah Suku Nias yang bergaya megalitikum, dan sebagainya. Untuk semakin mengenal kebudayaan Indonesia, TMII menampilkan pementasan kebudayaan tradisional dan kontemporer dari seluruh Nusantara dalam bentuk drama, tarian, serta musik.

Taman Impian Jaya Ancol


Taman Impian Jaya Ancol adalah taman rekreasi tematik terbesar dan terlengkap di Jakarta. Terletak di Jakarta Utara dan berhadapan dengan Laut Jawa, Taman Impian Jaya Ancol merupakan kawasan resor tepi pantai seluas 80 hektar. Taman Impian Jaya Ancol menawarkan berbagai fasilitas, dari olahraga air dan pantai, wahana seru, kolam renang, Eco-Park, hingga pertunjukan spektakuler bertabur bintang kaliber internasional.

Di dalam Taman Impian Jaya Ancol terdapat Dunia Fantasi (Dufan) yang menawarkan wahana bermain mengasyikkan, seperti roller coaster raksasa, air terjun Niagara, Tornado, Bianglala, hingga  Istana Boneka. Selain Dufan, ada pula Atlantis Water Adventure yang memiliki berbagai kolam renang berukuran besar, dilengkapi dengan efek ombak dan wahana seluncur. Jangan lewatkan pula Seaworld, akuarium raksasa dengan terowongan kaca yang menyajikan kehidupan di bawah air. 

Kunjungi https://ancol.com/id untuk informasi lebih lanjut.

Tourist Information Center Mobile

Untuk menjangkau pelayanan yang lebih luas bagi wisatawan, Tourist Information Center hadir di beberapa lokasi destinasi wisata. Tourist Information Center Mobile yang pertama hadir di Taman Impian Jaya Ancol, tepatnya di area parkir Beach Pool Taman Impian Jaya Ancol. Petugas Tourist Information Center Mobile akan melayani dan menjelaskan terkait destinasi wisata di Jakarta kepada wisatawan. Informasi lebih lanjut terkait ini bisa kamu dapatkan dengan mengunjungi https://ancol.com/id.

Planetarium Jakarta


Sumber: http://jakarta-tourism.go.id/visit/blog/2013/10/jakarta-planetarium


Siap-siap takjub dengan dunia astronomi dan pertunjukan objek luar angkasa melalui media simulasi di Planetarium Jakarta. Fasilitas ini tidak hanya menyenangkan, namun juga edukatif. Pengunjung dapat menyaksikan Pertunjukan Planetarium yang dikenal dengan Teater Bintang selama sekitar 60 menit. 

Teater Bintang menampilkan Sistem Tata Surya, Gerhana Matahari dan Gerhana Bulan, Penjelajah Kecil di Sistem Tata Surya, Galaksi Bima Sakti, Bumi Si Planet Biru, Bintang Jamak, Bintang Variabel, Dari Ekuator ke Kutub, Biografi Bintang, dan Pembentukan Sistem Tata Surya. Selain itu, terdapat pula pertunjukan multimedia yang menjelaskan teori tentang matahari sebagai pusat sistem tata surya dan teori tentang pembentukan alam semesta.

Planetarium Jakarta terletak di Taman Ismail Marzuki, Jalan Cikini Raya No 73, Jakarta Pusat. Pengunjung dapat mengunjungi laman web https://planetarium.jakarta.go.id/ untuk informasi lebih lanjut.

Kebun Binatang Ragunan


Terletak di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Ragunan merupakan kebun binatang tertua di Indonesia dan tempat rekreasi favorit seluruh anggota keluarga, terutama pada akhir pekan dan masa liburan sekolah. Di sini pengunjung disuguhkan panorama alam bebas dengan berbagai satwa. 

Di area seluas 140 hektar, Kebun Binatang Ragunan memiliki koleksi 295 spesies hewan, dari gajah, unta, kuda poni, hingga komodo. Selain itu, terdapat pula Pusat Primata Schmutzer yang merupakan rumah bagi gorila Afrika, di samping pusat riset primata dan kepentingan edukasi lainnya. Di kebun binatang ini terdapat aneka hewan yang hampir punah, seperti orangutan dari Kalimantan, owa dari Jawa, siamang, makaka, serta simpanse.

Temukan Tempat Bermain dan Rekreasi Lain

Selain sebagai kota metropolitan, Jakarta merupakan destinasi wisata banyak orang. Tentu masih banyak lagi tempat bermain dan rekreasi lain yang dapat dinikmati di Jakarta. Kunjungi http://jakarta-tourism.go.id untuk menemukan informasinya.

Artikel Terkait