Commuter Line

Commuter Line

Dinas Perhubungan
Jumat, 14 April 2023, 04:45 WIB

KRL Commuter Line merupakan moda transportasi populer di Jabodetabek dengan lebih dari 90 stasiun yang menghubungkan wilayah Jakarta dan sekitarnya yang terdiri atas beberapa jalur. Dengan jalur Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Serpong, KRL Commuter Line menjadi pilihan utama komuter Anda di wilayah Jabodetabek.

Sebagai moda transportasi berbasis rel perkotaan terbesar di Indonesia, Anda bisa berlalu lalang mengitari wilayah perkotaan Jabodetabek dengan leluasa dan bebas macet.

Tarif: Rp3.000 (Berlaku untuk 25 km pertama dan tarif progresif Rp1.000 tiap 10 km berikutnya).

Jam Operasional: 03.00 – 23.59 WIB

Jangkauan: Megapolitan Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi) serta beberapa wilayah Banten.  

Jumlah Stasiun: 93 stasiun.

Lintasan KRL Commuter Line

KRL Commuter Line yang melayani perjalanan untuk wilayah Jabodetabek dan sekitarnya terbagi atas 7 jalur/lin. Keseluruhan rel atau sistem pada KRL Commuter Line adalah 418 km.

Rangakain KRL Commuter Line bisa melaju hingga 70 km per jam dengan kecepatan rata-rata 40 km per jam.

Metode Pembayaran

Untuk menggunakan layanan KRL Commuter Line, Anda bisa menggunakan Kartu Uang Elektronik (KUE) atau dompet digital. Informasi selengkapnya mengenai metode pembayaran bisa dilihat di sini.

Sejarah KRL Commuter Line

KRL Commuter Line yang melayani perjalanan seputar Jabodetabek merupakan moda transportasi berbasis rel di Indonesia yang telah mengalami modernisasi dan transformasi yang panjang.

Layanan serupa mulanya dioperasikan sejak tahun 1970 dengan nama KRL Jabotabek dan berubah menjadi KRL Jabodetabek pada tahun 1999. Sempat berganti nama beberapa kali, sejak 19 September 2017, layanan KRL Jabodetabek yang berada di bawah PT KAI Commuter Jabodetabek berganti nama menjadi KRL Commuter Line yang berada di bawah PT Kereta Commuter Indonesia (PT KCI).

PT KCI merupakan anak perusahaan dari PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang merupakan induk dari operator layanan transportasi berbasis rel di Indonesia. KRL Commuter Line kini menjadi moda transportasi tersibuk di Megapolitan Jabodetabek dengan pengguna sekitar 700.000 hingga 850.000 orang per hari.

Informasi selengkapnya mengenai sejarah KRL Commuter Line bisa dilihat di sini.

Artikel Terkait

Dinas Perhubungan

Dinas mempunyai tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan Bidang perhubungan.

Skip to content

slot gacorhttps://formppid.kemenpora.go.id/__captcha/__demo/slot