Commuter Line

Commuter Line

Dinas Perhubungan
Kamis, 18 Maret 2021, 09:10 WIB

Sejak 19 September 2017, PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) telah berganti nama menjadi PT Kereta Commuter Indonesia (KCI), yang merupakan anak perusahaan PT Kereta Api Indonesia (KAI). PT KAI ini merupakan perusahaan yang mengelola KA Commuter Jabodetabek. KCJ dibentuk berdasarkan Inpres No. 5 Tahun 2008 dan Surat Menteri Negara BUMN No. S-653/MBU/2008 tanggal 12 Agustus 2008. 


Secara hukum, perubahan nama dari KCJ menjadi KCI tertuang dalam risalah Rapat Umum Pemegang Saham pada 7 September 2017 dan telah mendapat Persetujuan Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia atas Perubahan Anggaran Dasar Perseroan Terbatas dengan Nomor Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia No. AHU-0019228.AH.01.02. Tahun 2017 tanggal 19 September 2017.


Kereta Commuter Line merupakan nama baru dari Kereta Rel Listrik (KRL) Ekonomi-AC. Kereta Commuter Line (KCL) telah menjadi salah satu moda transportasi utama yang diandalkan warga Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Tugas pokok perusahaan ini adalah melayani jasa angkutan kereta api komuter dengan menggunakan sarana Kereta Rel Listrik (KRL) di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek), serta bidang usaha non-angkutan penumpang.

Ke Mana Jalur Kereta Commuter Line?

Modernisasi Kereta Commuter Line mulai dilakukan pada 2011 dengan menyederhanakan rute menjadi 6 jalur dengan 15 relasi, pengadaan gerbong kereta khusus wanita, penerapan sistem tiket elektronik (e-ticketing), dan sistem tarif progresif. 


Enam jalur Kereta Commuter Line yang tersedia adalah:

  1. Jakarta-Bogor dengan relasi Jakarta Kota-Depok dan Jakarta Kota-Bogor;

  2. Jatinegara-Bogor dengan relasi Jatinegara-Depok, Jatinegara-Bogor, dan Angke-Nambo; 

  3. Tanah Abang-Rangkasbitung dengan relasi Tanah Abang-Serpong, Tanah Abang-Parungpanjang, Tanah Abang-Maja, dan Tanah Abang-Rangkasbitung; 

  4. Jakarta-Cikarang dengan relasi Jakarta Kota-Bekasi via Manggarai, Jakarta Kota-Bekasi via Pasar Senen, Jakarta Kota-Cikarang via Manggarai, dan Jakarta Kota-Cikarang via Pasar Senen; 

  5. Duri-Tangerang;

  6. Jakarta Kota-Tanjung Priuk.

Kapan Waktu Operasional Kereta Commuter Line?

Untuk mengetahui waktu operasional Kereta Commuter Line terbaru, Anda dapat mengunduh jadwal melalui link https://www.krl.co.id/unduh-jadwal-terbaru-krl-6/

Berapa Tarif Kereta Commuter Line?

Tarif Kereta Commuter Line berkisar dari jarak terdekat Rp 3000 dan jarak terjauh Rp 10.000. Untuk memudahkan penumpangnya, metode pembayaran Kereta Commuter Line dapat menggunakan Kartu Multi Trip (KMT), tanpa perlu mengantre tiket di loket. 


Bagi penumpang Kereta Commuter Line yang belum memiliki KMT dapat membeli kartu perdana di seluruh loket Stasiun KRL dan lokasi lainnya yang bekerja sama dengan PT KCI, dengan harga sebagai berikut: 

  • Kartu Multi Trip Reguler Rp 30.000, termasuk saldo Rp 10.000;

  • Kartu Multi Trip X-PRESI Rp 50.000, termasuk saldo Rp 15.000; 

  • Kartu Multi Trip Special Edition Rp 50.000, termasuk saldo Rp 15.000.

Pemegang Kartu Multi Trip dapat mengecek saldo pada Balance Reader dan Vending Machine yang berada di seluruh stasiun Kereta Commuter Line. Selain itu, pemegang KMT juga dapat mengisi ulang (top up) saldo KMT di Loket Stasiun, Vending Machine, dan channel top up lainnya yang bekerja sama dengan PT Kereta Commuter Indonesia.

Kenapa Warga Jabodetabek Disarankan Menggunakan Kereta Commuter Line?

Kereta Commuter Line Indonesia terus meningkatkan pelayanannya, di antaranya dengan proyek modernisasi. Yang sudah dilakukan adalah renovasi, penataan ulang, sterilisasi sarana dan prasarana termasuk jalur kereta serta stasiun kereta yang dilakukan bersama PT KAI dan Pemerintah.


Mobilitas dengan menggunakan moda transportasi Kereta Commuter Line dapat membantu mengurangi kemacetan dan kepadatan kendaraan pribadi yang datang dari wilayah luar Jakarta. Moda transportasi ini juga memberikan kenyamanan bagi para penyandang disabilitas, berkat Ruang Pelayanan Disabilitas yang tersedia di Stasiun Juanda sebagai stasiun pusat kegiatan PT KCI. 


Selain itu, penumpang disabilitas juga dapat menginformasikan pihak stasiun terkait jam kedatangan mereka untuk menggunakan Kereta Commuter Line di nomor Whatsapp 0812-9660-5747. Melalui nomor ini, penumpang disabilitas juga bisa menginformasikan perkiraan waktu kedatangan, stasiun keberangkatan, stasiun tujuan, transportasi lanjutan yang akan dipakai, dan berbagai kebutuhan lain yang berkaitan dengan Kereta Commuter Line. Untuk pelayanan yang maksimal, penumpang disabilitas diharapkan dapat menghubungi pihak stasiun minimal satu jam sebelum keberangkatan.

Bagaimana Warga Mendapat Informasi Lebih Lanjut tentang Commuter Line?

Apabila Anda ingin mengetahui informasi lebih lanjut tentang Kereta Commuter Line, silakan menghubungi kontak di bawah ini:


Alamat : Stasiun Juanda, Jl. Ir. H. Juanda I - Jakarta Pusat 10120;

Telepon : (021) 3453535;

Call Center : 121 / 021-121;

Website : kci@krl.co.id;

Twitter : @CommuterLine;

Facebook : CommuterLine.

Artikel Terkait

Dinas Perhubungan

Dinas yang melaksanakan urusan perhubungan di Ibukota DKI Jakarta.