Agar pelayanan yang diberikan optimal dan terukur, JSC memiliki 4 (empat) prinsip guna mewujudkan Ekosistem Kota Cerdas 4.0. Keempat prinsip tersebut adalah:
Kolaborasi dan sinergi adalah semangat utama dalam memajukan Jakarta. Melalui mekanisme yang dikembangkan oleh JSC, Anda bisa terlibat dalam peningkatan kualitas pelayanan di Jakarta.
Aplikasi JAKI
Merupakan super-app yang dikembangkan oleh JSC yang menyediakan layanan satu pintu untuk membantu keseharian warga. Dikembangkan sejak tahun 2019, aplikasi JAKI mempermudah seluruh sistem layanan publik yang berkelanjutan melalui ekosistem digital.
Sebagai aplikasi yang mudah diakses melalui genggaman gawai ponsel pintar, JAKI berpegang teguh pada beberapa nilai utama, yaitu:
Informasi selengkapnya mengenai Aplikasi JAKI dapat diperoleh melalui situs resmi Jakarta Kini (JAKI).
CRM (Cepat Respon Masyarakat)
Merupakan sebuah kanal yang dikembangkan oleh JSC guna mengintegrasikan seluruh kanal pengaduan resmi milik Pemprov DKI Jakarta. Nantinya, seluruh pengaduan akan ditindaklanjuti secara lebih responsif, transparan, dan efisien.
Dimutakhirkan melalui SK Sekda No.99 Tahun 2022 tentang Panduan Tindak Lanjut Pengaduan Masyarakat melalui aplikasi CRM, Kini aplikasi CRM telah mengintegrasikan aduan yang berasal dari 13 (tiga belas) kanal resmi pengaduan milik Pemprov DKI Jakarta.
Informasi selengkapnya mengenai CRM dapat diperoleh melalui situs resmi CRM.
Pantau Banjir
Sebagai wilayah dataran rendah yang berad adi antara hulu sungai dan memiliki pesisir, banjir menjadi bencana alam yang kerap menghantui masyarakat Jakarta. Karenanya, JSC mengembangkan kanal Pantau Banjir sebagai sarana bagi warga untuk mendapatkan informasi serta melaporkan titik banjir di Jakarta secara langsung.
Informasi selengkapnya mengenai kanal Pantau Banjir dapat diakses melalui portal resmi Pantau Banjir.
Peta Jakarta Kini
Sebagai wilayah megapolitan dengan aktivitas masyarakat yang beragam, Pemprov DKI Jakarta telah menyediakan berbagai sarana dan prasarana penunjang aktivitas publik yang tersebar di seluruh wilayah Jakarta.
Masyarakat kini dapat lebih mudah mengetahui lokasi atau titik fasilitas publik tersebut melalui Peta Jakarta Kini. Mulai dari sarana transportasi publik, fasilitas kesehatan, destinasi wisata, hingga ruang terbuka hijau dapat Anda temukan secara mudah.
Guna melihat dan menggunakan layanan Peta Jakarta Kini, Anda bisa mengunjungi tautan berikut.
Digital Xperience
Transformasi digital juga bisa Anda rasakan secara visual, khususnya ruang visual yang memungkinkan Anda bisa berpindah antar tempat atau bahkan menikmati satu lokasi tertentu.
Melalui inovasi Digital Xperience yang tengah dikembangkan, Anda bisa menikmati keindahan Jakarta secara digital. Mulai dari berkeliling pusat kota, menikmati indahnya Ruang Terbuka Hijau, hingga keindahan gugusan pulau yang dimiliki Jakarta.
Informasi selengkapnya mengenai Jakarta Digital Xperience bisa Anda temukan di sini.
Diskominfotik DKI Jakarta melalui JSC adalah garda terdepan dalam upaya transformasi digital di lingkungan Pemprov DKI Jakarta maupun pelayanan publik Jakarta, yang tentu akan berdampak bagi Jakarta secara holistik.
Kelak, data akan berperan dalam pengambilan keputusan kebijakan publik yang berdampak bagi masyarakat Jakarta. Tidak hanya manajemen data digital yang terintegrasi bagi kebutuhan kebijakan publik Pemprov DKI Jakarta, JSC turut mengadakan Data Science Trainee sebagai upaya dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) Jakarta yang unggul dalam utilisasi data bagi kepentingan yang lebih luas.
Ketahui selengkpanya seputar transformasi digital Jakarta dengan mengunjungi situs resmi Digitalisasi Jakarta.
Jakarta Smart City merupakan BLUD (Badan Layanan Umum Daerah) di bawah Dinas Kominfotik Provinsi DKI Jakarta yang bertugas dalam penerapan konsep Smart City di Jakarta.