Akses Bandara

Akses Bandara

Dinas Perhubungan
Selasa, 4 April 2023, 06:20 WIB

Anda bisa ke Jakarta melalui dua bandar udara, yaitu Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Cengkareng, Kota Tangerang, serta Bandar Udara Halim Perdanakusuma di Jakarta Timur.

Kedua bandara melayani kedatangan internasional dan domestik ke Jakarta.  Dari kedua bandara tersebut, Anda bisa melanjutkan perjalanan langsung ke hotel atau titik tujuan menggunakan transportasi publik atau taksi.

Bandar Udara Internasional Soekarno – Hatta

Bandara Soekarno - Hatta adalah gerbang utama penerbangan internasional ke Indonesia.  Bandara yang diambil dari nama dua proklamator Republik Indonesia dan memiliki nama lain Bandara Cengkareng (CGK) ini berlokasi cukup jauh dari pusat kota Jakarta, yaitu di Cengkareng, Kota Tangerang.

Meskipun demikian, ada banyak akses menuju ke dan dari Bandara Soekarno-Hatta, khususnya bagi Anda yang ingin mengunjungi Jakarta.

Pusat kota Jakarta ke Bandara Soekarno-Hatta berjarak kurang lebih 30km dan bisa ditempuh menggunakan beberapa moda transportasi mulai dari kereta, bus, hingga taksi atau layanan transportasi daring.

Dengan Kereta Bandara

Anda bisa langsung menuju pusat kota Jakarta menggunakan kereta bandara. Kereta bandara berlokasi di antara terminal 1 dan terminal 2 di Bandara Soekarno-Hatta dan bisa menampung sebanyak 272 penumpang.

Sejak diresmikan pada 2 Januari 2018 lalu, kereta bandara menjadi primadona baru transportasi menuju dan dari bandara karena waktu keberangkatan kereta yang relatif cepat dengan interval tiap 30 menit sekali.

Dengan kereta bandara, Anda bisa berhenti di beberapa stasiun yang berlokasi di Jakarta, seperti Stasiun Duri, Stasiun BNI City dan Stasiun Manggarai. Hanya dengan harga Rp30.000 hingga Rp70.000 Anda sudah bisa menikmati fasilitas kereta bandara.  

Informasi selengkapnya mengenai rute, jadwal keberangkatan, reservasi dan merencanakan perjalanan Anda, klik di sini.

Dengan Bus

Ada beberapa pilihan bus yang melayani rute dari dan ke Bandara Soekarno-Hatta. Beberapa di antaranya yaitu Bus JA Connexion Perum PPD dan Damri.

Titik berangkat dan tiba bus Perum PPD ini berada di Mal Kelapa Gading, Mal Taman Anggrek, Ciputra World 1 Kuningan, Plaza Senayan, Pondok Indah Mall dan Tamini Square. Tarif yang dikenakan sebesar Rp30.000 hingga Rp35.000 dengan waktu tempuh perjalanan relatif mulai dari 45 menit hingga 90 menit.

Pilihan kedua adalah Bus Damri yang melayani beberapa rute hingga ke terminal dan stasiun besar, seperti Terminal Rawamangun, Terminal Blok M, Terminal Kampung Rambutan dan Stasiun Gambir. Tarif bus Damri berkisar Rp40.000 hingga Rp60.000.

Informasi selengkapnya mengenai layanan bus bandara seputar rute dan jam keberangkatan bisa dilihat di sini.

Dengan Taxi atau Transportasi Daring

Sebagai bandara internasional dengan penerbangan yang sibuk, tentu akan tersedia beragam transportasi seperti taxi hingga transportasi daring.

Anda bisa langsung menemukan taxi atau memesan transportasi daring saat keluar dari terminal bandara dan menuju Jakarta.

Bandar Udara Halim Perdanakusuma

Bandara Halim Perdanakusuma yang berlokasi di Jakarta Timur ini berjarak kurang lebih 17 km dari pusat kota Jakarta. Bandara yang baru kembali membuka penerbangan pada September 2022 lalu ini melayani penerbangan domestik.

Selain penerbangan domestik komersial, bandara ini juga membuka penerbangan VIP terbatas dengan rute internasional, sekaligus menjadi bandara yang dioperasikan untuk kegiatan militer.

Saat Anda berada di Bandara Halim Perdanakusuma, maka Anda sudah berada di Jakarta. Jika Anda ingin ke pusat kota Jakarta atau destinasi lainnya di Jakarta, maka ada beberapa pilihan moda transportasi yang tersedia. 

Dengan TransJakarta

Untuk menuju ke Bandara Halim Perdanakusuma, Anda dapat menaiki Transjakarta dan melanjutkan perjalanan dengan Mikrotrans, lalu turun di Bus Stop Gereja Oikumene dan berjalan kaki selama 3 (tiga) menit menuju Bandara Halim Perdanakusuma.

Beberapa koridor TransJakarta dan rute Mikrotrans yang melewati Gereja Oikumene antara lain:

  1. Koridor 5C (PGC 2 – Juanda), turun di Halte Cawang UKI danmelanjutkan dengan Mikrotrans Rute JAK20 (Cawang UKI– Lubang Buaya) dan turun di Gereja Oikumene;
  2. Koridor 5D (PGC 1 – Ancol), turun di Halte PGC 1 dan melanjutkan dengan Mikrotrans Rute JAK21 (PGC – Dwikora) dan turun di Gereja Oikumene.
  3. Koridor 9 (Pinang Ranti - Pluit), turun di Halte Cawang UKI dan melanjutkan dengan Mikrotrans Rute JAK20 (Cawang UKI– Lubang Buaya) dan turun di Gereja Oikumene;
  4. Koridor 9A (PGC 2 – Pluit), turun di Halte Cawang UKI dan melanjutkan dengan Mikrotrans Rute JAK20 (Cawang UKI– Lubang Buaya) dan turun di Gereja Oikumene;
  5. Koridor 9B (Pinang Ranti – Kota), turun di Halte Cawang UKI dan melanjutkan dengan Mikrotrans Rute JAK20 (Cawang UKI– Lubang Buaya) dan turun di Gereja Oikumene;
  6. Koridor 9C (Pinang Ranti – Bundaran Senayan), turun di Halte Cawang UKI dan melanjutkan dengan Mikrotrans Rute JAK 20 (Cawang UKI– Lubang Buaya) dan turun di Gereja Oikumene;
  7. Koridor 10 (Tanjung Priok – PGC 2), turun di Halte Cawang UKI dan melanjutkan dengan Mikrotrans Rute JAK20 (Cawang UKI– Lubang Buaya) dan turun di Gereja Oikumene.

Untuk menikmati layanan Transjakarta, Anda hanya perlu membayar ongkos Rp.3.500 dengan menggunakan Kartu Uang Elektronik (KUE), Kartu JakLingko atau aplikasi JakLingko. Adapun tarif untuk Mikrotrans adalah Rp.0.

Anda bisa melihat keberangkatan dan rute TransJakarta selengkapnya dengan klik di sini.

Dengan Taxi atau Transportasi Daring

Sebagai bandara domestik tersibuk di Jakarta, tersedia beragam transportasi pilihan seperti taksi hingga transportasi daring.

Anda bisa langsung menemukan taksi atau memesan transportasi daring saat keluar dari terminal bandara.

Akses melalui Bandar Udara adalah alternatif tercepat untuk ke Jakarta, khususnya bagi Anda yang berlokasi cukup jauh dari Jakarta maupun luar negeri.

Tidak usah khawatir akan akses transportasi, karena Jakarta dan wilayah sekitarnya memiliki segudang alternatif transportasi untuk Anda. Beberapa titik di Jakarta sudah terintegrasi dengan berbagai moda transportasi publik. Selain itu Anda juga bisa memesan taxi maupun transportasi daring kapanpun dan dimanapun.

Artikel Terkait

Dinas Perhubungan

Dinas mempunyai tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan Bidang perhubungan.

Skip to content

slot gacorhttps://formppid.kemenpora.go.id/__captcha/__demo/slot