Akses Pelabuhan

Akses Pelabuhan

Dinas Perhubungan
Kamis, 6 April 2023, 04:35 WIB

Sebagai negara kepulauan dengan lautan yang luas, Indonesia memiliki akses pelabuhan yang terkoneksi dari Indonesia Barat, Indonesia Tengah, hingga Indonesia Timur.

Jakarta menjadi salah satu destinasi utama dari transportasi laut Indonesia. Terdapat banyak kapal laut dengan titik mulai atau transit ke dan dari Jakarta melalui pelabuhan Tanjung Priok.

Berada di posisi strategis, pelabuhan Tanjung Priok melayani akses ke berbagai titik pelabuhan di seluruh Indonesia.

Akses Laut dari dan ke Jakarta Menggunakan Kapal Motor

  • Gunung Dempo (Tanjung Priok – Surabaya – Makassar – Sorong – Manokwari – Wasior – Nabire- Jayapura).
  • Dobonsolo (Tanjung Priok – Surabaya – Makassar – Bau-Bau – Ambon – Sorong – Serui- Jayapura).
  • Ciremai (Tanjung Priok – Surabaya – Makassar – Bau-Bau- Sorong – Manokwari – Biak – Jayapura).
  • KM Nggapulu (Tanjung Priok – Surabaya – Makassar – Bau-Bau- Ambon – Banda – Tual- Dobo – Kaimana – Fak-Fak).
  • Dorolona (Tanjung Priok – Surabaya – Makassar – Bau-Bau – Namlea – Ambon – Ternate – Bitung).
  • Kelud (Rute A: Tanjung Priok – Batam – Tanjung Balai – Belawan) (Rute B: Tanjung Priok – Kijang – Batam – Belawan).
  • Usmini (Kijang – Tanjung Priok – Surabaya – Makassar – Maumere – Larantuka – Lewoleba – Kupang).
  • Bukit Raya (Tanjung Priok – Blinyu – Kijang – Letung – Tarempa – Midai – Natuna – Serasan – Pontianak – Surabaya).
  • Lawit (Tanjung Priok – Tanjung Pandan – Pontianak – Semarang – Karimun Jawa atau Kumai).

Akses dari Kota Jakarta Menuju Pelabuhan Tanjung Priok

Berlokasi di Jakarta Utara sebagai gerbang laut menuju Jakarta, Anda bisa menuju ke Pelabuhan Tanjung Priok melalui akses darat. Beragam pilihan transportasi darat tersedia, seperti transportasi publik, taksi dan transportasi daring, serta kendaraan pribadi.

Sebagai pelabuhan tersibuk di Indonesia, transportasi publik tentu menjadi alternatif utama guna mengkoneksikan antar simpul transportasi darat dengan laut. Karenanya, Pemprov DKI Jakarta telah menyediakan transportasi publik dari beberapa titik di Jakarta menuju Pelabuhan Tanjung Priok.

Dengan TransJakarta

Anda bisa menggunakan moda TransJakarta sebagai alternatif pertama ke Pelabuhan Tanjung Priok dengan transportasi publik. Fasilitas BRT TransJakarta menuju pelabuhan tersebar di beberapa titik di Jakarta yang terbagi atas beberapa koridor, yaitu:

  1. TransJakarta Koridor 10

Dengan TransJakarta rute PGC 2 – Tanjung Priok, Anda bisa menuju pelabuhan dari Cililitan, Jakarta Timur menuju pelabuhan dan berhenti di halte terakhir Tanjung Priok. Setelah transit di halte Tanjung Priok, lanjutkan perjalanan Anda menggunakan koridor 10C untuk tiba di Halte Pelabuhan Tanjung Priok.

  1. TransJakarta Koridor 10H

Jika Anda berada di Jakarta Selatan, maka Anda hanya perlu menaiki TransJakarta rute Blok M – Tanjung Priok. Setelah tiba di halte terakhir Tanjung Priok, lanjutkan perjalanan dengan koridor 10C hingga tiba di halte pelabuhan.

  1. TransJakarta Koridor 12

Jika Anda berada di sekitar lokasi yaitu Jakarta Utara, Anda hanya perlu menaiki TransJakarta rute Penjaringan – Tanjung Priok. Turunlah di halte terakhir Tanjung Priok dan lanjutkan perjalanan dengan koridor 10C.

  1. TransJakarta koridor B12

Tidak hanya tersedia untuk beberapa titik di Jakarta. TransJakarta juga menyediakan akses bagi wilayah sekitarnya. Jika Anda berada di Bekasi, Anda hanya perlu menaiki TransJakarta rute Summarecon Bekasi – Tanjung Priok. Setelah tiba di halte Tanjung Priok, lanjutkan perjalanan dengan 10C dan turun di halte pelabuhan.

Dengan KRL

Anda juga bisa menggunakan KRL Jabodetabek menuju Pelabuhan Tanjung Priok. Naikilah KRL Lin Jakarta Kota – Tanjung Priok dan turun di stasiun terakhir, Tanjung Priok.

Dari stasiun Tanjung Priok, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan beberapa cara, yaitu:

  1. MikroTrans 115

Tiba di stasiun, naiki Mikrotrans 115 dan turun di Permai Koja 2. Lanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 2 menit untuk tiba di pelabuhan Tanjung Priok.

  1. TransJakarta

Tiba di stasiun, ada beberapa alternatif bus TransJakarta yang searah ke pelabuhan. Anda bisa menaiki bus TransJakarta koridor 10 atau 12 dan turun di halte Permai Koja. Anda bisa melanjutkan ke pelabuhan dengan berjalan kaki sekitar 2 menit.

Moda transportasi yang tersedia juga berlaku bagi Anda yang baru tiba di pelabuhan Tanjung Priok dan ingin menuju ke Kota Jakarta.

Menuju Jakarta dengan transportasi laut dan tiba di Tanjung Priok akan memberikan pengalaman yang berkesan untuk Anda. Pelabuhan Tanjung Priok yang beroperasi sejak abad ke-19 ini menjadi gerbang perdagangan nusantara kala itu. Pelabuhan ini adalah yang tersibuk di Indonesia dan menyimpan begitu banyak nilai historis.

Anda tidak perlu khawatir akan akses dari kota Jakarta ke Pelabuhan Tanjung Priok, maupun untuk yang baru saja tiba dari pelabuhan Tanjung priok menuju kota Jakarta. Akses dari kota Jakarta menuju ke pelabuhan sudah sangat mudah dijangkau dengan menggunakan transportasi publik, kendaraan pribadi, dan transportasi daring yang telah disediakan.

Artikel Terkait

Dinas Perhubungan

Dinas mempunyai tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan Bidang perhubungan.

Skip to content

slot gacorhttps://formppid.kemenpora.go.id/__captcha/__demo/slot