Stadion Internasional Jakarta

Stadion Internasional Jakarta

Dinas Pemuda dan Olahraga
Senin, 22 Januari 2024, 03:02 WIB

Jakarta International Stadium (JIS) atau Stadion Internasional Jakarta merupakan stadion sepak bola yang terletak di Jakarta Utara. Stadion ini mampu menampung penonton maksimal hingga 82.000 orang dalam satu acara, baik dalam pertandingan sepak bola maupun konser. JIS mengusung konsep stadion modern dengan memprioritaskan akses transportasi publik sebagai akses menuju ke lokasi.  

Tidak hanya sebagai lokasi pertandingan olahraga, stadion dengan luas hampir 300 ribu meter dan tinggi 70 meter memungkinkan dilaksanakannya berbagai perhelatan nasional hingga internasional seperti acara akbar dan konser. Beberapa di antaranya seperti konser band dunia hingga Piala Dunia U-17 Indonesia 2023.

Rekam Jejak JIS

Pembangunan stadion ini mulai diinisiasi sejak tahun 2008 oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Awalnya, stadion ini akan dinamakan Stadion BMW, sesuai dengan nama lahan yang dipakai, yaitu Taman Bersih Manusia Wibawa (BMW). Tapi kemudian, nama Jakarta International Satdion dipilih. 

Kota Jakarta membutuhkan stadion bertaraf internasional yang pengelolaannya akan berada langsung di bawah Pemprov DKI Jakarta. Dengan digusurnya Stadion Lebak Bulus yang diperuntukkan untuk pembangunan Depo MRT Lebak Bulus, urgensi pembangunan stadion baru semakin dibutuhkan. Selain sebagai pengganti Stadion Lebak Bulus, stadion ini nantinya akan menjadi markas bagi klub sepak bola lokal Jakarta, Persija Jakarta.

Akhirnya, pembangunan stadion mulai resmi dilaksanakan pada tahun 2019, dengan kontribusi Pemprov DKI Jakarta melalui Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Jakarta Propertindo (Jakpro) sebagai salah satu kontraktor pembangunannya.

Selama sekitar 3 tahun pembangunan, JIS akhirnya digunakan untuk acara perdana pada 13 April 2022 dan resmi dibuka pada 24 Juli 2022. Kini, JIS menjadi salah satu ikon dan atraksi Kota Jakarta. Dengan lokasi yang berdekatan dengan Ancol dan sirkuit Formula-E, JIS menjadi salah satu simbol pembangunan Jakarta menuju Kota Global.

Fasilitas Jakarta International Stadium

JIS menyediakan berbagai fasilitas berstandar internasional, mulai dari sarana dan prasarana di dalam stadion hingga fasilitas di sekitarnya, Beberapa fasilitas unggulan yang tersedia di JIS adalah:

  • Media Room

Ruang ini akan memfasilitas insan pers dalam pertemuan media hingga konferensi dengan tim yang bertanding atau penyelenggara acara yang akan dilaksanakan di JIS. Media room turut dilengkapi dengan akses parkir khusus yang memudahkan insan media untuk mewartakan dan mendiseminasi informasi terkini langsung dari JIS.

  • Ruang Ganti Pemain

Ruang khusus bagi tim yang bertanding di JIS. Ruang ganti ini dilengkapi dengan ruang jacuzzi hingga area pemanasan di lorong dekat ruang ganti bagi tim yang ingin bertanding.

  • Bilik Korporasi

Bilik korporasi atau corporate box ini merupakan bilik eksklusif yang terletak di lantai 5 dan 6 tribun barat dan timur JIS. Ruang khusus multifungsi yang bisa digunakan baik bagi ruang rapat hingga bekerja. Ruang ini terkoneksi langsung dengan tribun stadion, sehingga Anda bisa langsung melihat pertandingan di JIS juga keindahan di dalam JIS langsung dari ruang.  

  • Jogging Track

JIS menyediakan fasilitas untuk berolahraga di ring luar sekitar JIS. Selain itu, tersedia fasilitas jogging track yang terletak di rangka bangunan atas JIS. Jogging Track memungkinkan Anda untuk berolahraga dari ketinggian 72 meter dan menikmati pemandangan pesisir Jakarta.

  • Sistem Audio

Bentuk bangunan JIS mengitari lapangangan langsung akan membuat audio yang dikeluarkan lebih menggelegar. JIS dilengkapi Speech Transmission Index (STI) pro sound  bertaraf internasional  disertai tekanan suara tidak kurang dari 100dBA – 105dBa.

  • Atap Stadion Buka Tutup

Fasilitas atap atau langit-langit, yang bisa dibuka dan ditutup secara fleksibel, memungkinkan berbagai pertandingan dan acara diadakan di JIS dalam cuaca apapun. Teknologi ini turut mendapatkan rekor muri sebagai stadion pertama di Indonesia yang memiliki teknologi demikian.

Fasilitas unggulan tersebut merupakan sebagian dari ragam fasilitas yang tersedia dan dibangun di JIS. Sebagai tambahan, JIS juga memiliki fasilitas dengan standar ramah disabilitas dan akses transportasi yang mudah.

Mekanisme Peminjaman JIS

Sebagai stadion publik, JIS terbuka untuk peminjaman umum. Anda bisa meminjam berbagai fasilitas yang tersedia di JIS, mulai dari lapangan latihan, corporate box,  hingga stadion utama.

Anda bisa menghubungi narahubung JIS melalui Instagram @jakinstadium atau WhatsApp.

Artikel Terkait

Dinas Pemuda dan Olahraga

Dinas mempunyai tugas melaksanakan urusan kepemudaan dan keolahragaan.

Skip to content

slot gacorhttps://formppid.kemenpora.go.id/__captcha/__demo/slot